Tanggul Sungai Citarum Kembali Amblas

Tanggul Sungai Citarum Kembali Amblas

30
0
KONDISI : Salah satu lokasi amblasnya tanggul Sungai Citarum di Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya.
BERBAGI

BATUJAYA – Tanggul Sungai Citarum kembali amblas, kali ini di Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya. Masyarakat sekitar mulai resah dan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang segera memperbaiki. Karena ada dua titik tanggul Sungai Citarum yang rusak.

Seperti halnya yang diutarakan, salah seorang warga Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya, Jhon (40) mengatakan, dirinya sangat khawatir dengan datangnya musim hujan. Karena melihat kondisi tanggul Sungai Citarum, yang telah rusak atau amblas sepanjang 10 meter dengan kedalaman lebih dari 1 meter.

“Kami yang tinggal di sekitar tanggul tersebut sangat khawatir. Bila hujan turun terus menerus dipastikan air Sungai Citarum naik, kemungkinan tanggul akan jebol,” katanya kepada KBE, Minggu (18/11).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Telukbango, Subur berharap perhatian Pemkab Karawang untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan. Dengan secepatnya memperbaiki tanggul yang ambalas tersebut.

“Dari tahun 2013 semenjak tanggul jebol penanganan tidak maksimal, malah hampir dikatakan proyeknya asal asalan. Malah sekarang yang amblas ada dua titik rawan. Padahal pengajuan sudah berkali kali tapi belum ada tindak lanjut,” ucap Subur saat dihubungi via telepon selularnya, Sabtu (17/11).

Ia menjelaskan, pemerintah Desa dan masyarakat sudah melakukan antisipasi dengan melakukan pengurugan meggunakan karung. Tapi menurutnya sampai dengan saat belum ada respon dari BBWS.

“Harapan kami semua, agar pihak BBWS secepatnya merealisasikan perbaikan secara permanen pada tanggul sungau Citarum dan bukan pengurugan. Agar saat air besar datang ada penahan,” harapnya. (dar)