Beranda Pendidikan Ribuan Pusaka Keramat Dipamerkan

Ribuan Pusaka Keramat Dipamerkan

24
0
SERIBU PUSAKA : Paguyuban Ismaya menggelar kirab seribu pusaka di halaman Kantor Kecamatan Cilamaya Wetan. Minggu (10/2), siang.

CILAMAYA WETAN – Paguyuban Ikatan Seluruh Masyarakat Cilamaya (Ismaya) menggelar acara kirab seribu pusaka, dalam rangka milangkala Paguyuban Ismaya ke 5 tahun, Minggu (10/2).

Sebanyak, 1.500 pusaka kramat berbagai jenis, dipamerkan kepada ribuan pasang mata yang menyaksikan langsung jalannya acara. Selain kirab pusaka, Ismaya juga menggelar kegiatan sosial dan hiburan rakyat, selama satu hari satu malam.

Ketua Paguyuban Ismaya, Adi Heryanto alias Akew, mengatakan, tujuan digelarnya acara tersebut, ialah mengangkat nilai-nilai sejarah di Karawang, atau khususnya di Cilamaya, yang mulai luntur tergerus oleh zaman.

“Pusaka yang dipamerkan, ada keris, golok, kujang, pisau, tombah, hingga berbagai jenis candi,” ungkap Akew kepada KBE di halaman Kantor Kecamatan Cilamaya Wetan.

Dalam acara tersebut, hadir ratusan pegiat kebudayaan se-Jawa Barat. Termasuk Kepala Dinas Pariwisatan dan Kebudayaan (Dipasrbud) Jawa Barat, Wahyu juga Disparbud Karawang, Okih Heryawan, mewakili Bupati Karawang, Cellica Nurracahadiana.

“Ada beberapa keris tertua yang dipamerkan. Seperti keris empu gandring dan keris naga runcing,” kata Akew.

Guru Besar Seni Golok Indonesia, Ki Kumbang, mengatakan, kegiatan semacam ini, harus ditingkatkan intensitasnya. Sebagai bentuk, mempertahankan budaya-budaya yang ada di Karawang.

Terlebih, kata dia, Kabupaten Karawang, memiliki keunikan dengan beragamnya kultur dan kebudayaan yang ada di kita pangkal perjuangan.

“Ini hanya batu loncatan.Usai Pilpres, kita akan pecahkan rekor dunia, dengan menggelar pameran 10.000 pusaka,” ungkapnya.

Sementara, Kadisparbud Karawang, Okih Heryawan, menuturkan, ke depan, diharapkan komunitas kebudayaan seperti Ismaya, bisa bersinergi lebih baik dengan Pemda Karawang. Agar kegiatan semacam ini, bisa digelar lebib semarak lagi.

“Pemda Karawang mendukung penuh kegiatan Paguyuban Ismaya,” ujarnya. (wyd)