Beranda Uncategorized Relawan Kesal Baliho Jokowi-Ma’ruf Dibakar

Relawan Kesal Baliho Jokowi-Ma’ruf Dibakar

22
0

RENGASDENGKLOK – Tindakan kurang terpuji dilakukan oknum-oknum di tengah masyarakat. Diduga lantara beda pilihan politik, salah satu spanduk atau baliho pasangan capres-cawapres nomor 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Kompleks Tugu Porklamasi, Rengasdengklok rusak akibat dibakar.

Orang yang pertama kali m elihat rusaknya baliho, Mak Engkar (60) seorang penjual nasi uduk warga Dusun Bojong Tugu I RT 012 RW 003 Desa Regasdengklok Selatan. Ia mengaku melihat baliho terbakar dan diperkirakan itu pukul 04.00 WIB.

Ketua tim relawan 1901 Jabar Juara Kabupaten Karawang, Emay Ahmad Maehi menegaskan bahwa perusakan tersebut merupakan sebuah tindakan tidak baik dan tak dapat dibenarkan apapun alasannya.

“Kita semua tahu bahwa pemasangan APK ini diatur oleh undang-undang, dan kami melihat insiden ini adalah sebuah ujian bagi kita semua. Kita tak perlu menaruh kecurigaan kepada siapapun atau menuding pihak manapun, tetapi kita akan mencoba melakukan investigasi secara komperhensif untuk mengetahui latar belakang terjadinya insiden ini,” ungkap  kepada awak media.

Emay menuturkan, terlapas apapun latar belakang pembakaran baliho itu, menurutnya pelaku tak hanya menjadi musuh yang harus dilawan oleh kubu pendukung 01 tetapi juga kubu pendukung 02. Karena secara sengaja akan membuat gesekan antar kedua kubu ini.

 “Dan peristiwa ini tidak bisa dilepaskan dari proses hukum, agar peristiwa ini tidak terulang kembali maka kami akan mengambil langkah hukum. Agar persoalan ini direspon oleh aparatur dan petugas terkait, dan kami juga akan melakukan langkah-langkah sosial dengan melakukan edukasi-edukasi kepada masyarakat agar perbuatan dengan tujuan merusak demokrasi ini tidak kembali terulang, di mana pun di Indonesia ini,” tegasnya.

Dirinya pun berharap kepada seluruh pendukung dan tim relawan pemenangan Jokowi, untuk tetap jernih dalam berfikir dalam menyikapi kejadian-kejadian serupa, agar kondisi di tengah masyarakat tetap kondusif dalam proses demokrasi yang sedang berlangsung. “Ini adalah ujian bagi seluruh warga bangsa, bukan saja ujian kepada para relawan Jokowi saja,” tegasnya.

Di tempat yang sama  Ketua Panwaslu Kecamatan Regasdengklok Agus S membenarkan adanya insiden perusakan APK Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Kita sudah cek TKP (Tempat Kejadian Perkara), ternyata bersama sama ternyata benar ada sebuah baliho Capres dan Cawapres nomor urut 1 yang telah dibakar orang tak di kenal,” ujarya.

“Atas pristiwa ini akan melakukan proses dan akan merokomendasikan  ke Bawaslu karena  di Panwascam tidak ada Gakumdu, jadi panwaslu hanya sebatas merekomdasikan saja atas terjadinya peristiwa perusakan ,” pungkasnya. (nba)