Beranda Daerah Subang Polda Segera Sidak Satpam Tanpa KTA

Polda Segera Sidak Satpam Tanpa KTA

10
0
SIAP SIDAK: Asep Kusnadi, Kasi Pembinaan dan Pelatihan Satpam Polda Jabar.

SUBANG- Dari jumlah 5000 Satuan Pengamanan (Satpam) di Jawa Barat, Subang termasuk kabupaten yang tidak memiliki pelatihan satpam dan minus keahlian dalam pengamanan. Hal itu karena tidak didukung dengan pelatihan-pelatihan.

Tidak tanggung-tanggung ada 1270 Satpam di Kabupaten Subang yang tidak memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) dari Polda Jawa Barat.

“Ada sekitar 1270 Satpam yang saat ini bekerja di perusahan di Kabupaten Subang tidak memiliki KTA dari Polda Jabar. Dan hal ini menjadi perhatian kita untuk segera turun ke lapangan dengan melakukan sidak ke setiap perusahaan,” kata Asep Kusnadi, Kasi Pembinaan dan Pelatihan Satpam Polda Jawa Barat kepada KBE, kemarin.

Dijelaskan, dengan banyaknya satpam yang tidak memiliki KTA Polda Jabar, pihak Polda akan melakukan penertiban artibut Satpam di setiap perusahaan di Kabupaten Subang.

“Tujuan sidak tersebut selain penertiban, kita ingin mensosialisasikan bahwa anggota satpam perlu penguat, yaitu KTA Polda,” kata Asep.

Bahkan bagi perusahaan yang menggunakan satpam yang tidak memiliki legalitas dan keabsahan KTA akan dikenakan saksi administrasi.

“Secara administratif perusahaan tersebut yang menggunakan satpam tanpa legalitas KTA dari Polda akan kita kenakan pelanggaran administrasi. Dan bagi satpam akan kita lucuti atribut satpamnya,” ujarnya lagi.

Dipastikan pada bulan Maret ini jajaran Polda Jawa Barat berserta Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Subang dan Polres Subang akan melakukan sidak ke setiap perusahaan.

“Kita akan periksa setiap anggota satpam dan kita akan cek apakah mereka mempunyai KTA dari Polda atau tidak,” kata Asep. (hrn)