Beranda Daerah Purwakarta Petani Diminta Adopsi Sistem Korporasi

Petani Diminta Adopsi Sistem Korporasi

8
0

PURWAKARTA– Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta bakal mendorong para petani bisa menerpakan sistem korporasi dalam usaha pertanian agar produk pertanian dapat semakin menyejahterakan petani.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan menuturkan, sebagian petani masih melakukan pola tata niaga dengan konsep manual. Hanya 21,27 persen dari 771 gapoktan yang sudah melakukan korporasi.

“Makanya, kami akan dorong supaya seluruh petani bisa menerapkan konsep korporasi,” ujar Agus kepada awak medua belum lama ini.

Agus menjelaskan, selama ini pemerintah terus berupaya menggenjot kuantitas maupun kualitas produk pertanian. Juga berupaya supaya sektor pertanian ada perubahan lebih positif, terutama dari segi kesejahteraan petani. 

Salah satunya, terang dia, dengan mengedukasi petani untuk bersedia terjun langsung dalam dunia korporasi pertanian. Sebab, dengan berkorporasi petani bisa melalukan tata niaga menjadi lebih baik. Hasilnya juga akan lebih menjanjikan. 

“Jika hasil pertanian dikelola dengan pola korporasi, dipastikan bisa meminilalisasi terjunnya harga saat panen raya,” jelas dia. (bbs/mhs)