Atasi Kekeringan, Mahasiswa Ajak Berdayakan Sumur Timba

Atasi Kekeringan, Mahasiswa Ajak Berdayakan Sumur Timba

17
0
PENDATAAN : Mahasiswa mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang turun ke lapangan masyarakat.
BERBAGI

KARAWANG – Melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mahasiswa sebagai agen of change development (agen perubahan) terus dilakukan. Ini dilakukan sejumlah mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang di lingkungan masyarakat.

Tengok saja yang mereka lakukan di salah satu Desa Purwasari, yang mengalami kekeringan beberapa hari itu. Hal tersebut mengundang sejumlah mahasiswa untuk turun ke lapangan dan berbaur dengan masyarakat.

Salah satu mahasiswa UBP Jurusan Prodi Manajemen semester 6, Humaedi mengatakan, bahwa di tahun 2018 ternyata masih ada masyarakat yang mengandalkan mata air kehidupan di sumur timba. Meski di kemajuan jaman, saat ini sumur air timba yang dulu banyak digunakan oleh masyarakat masih menjadi salah satu harapan bagi masyarakat disana.

“Disaat pembangunan banyak berkembang di Karawang ternyata masih ada sumur timba yang menjadi harapan maayarakat disini,” ucapnya kepada KBE, kemarin.

Meski mengalami kekeringan, namun sumur timba bisa menjadi salah satu sumber sulosi untuk masalah di Karawang, yang kerap mengalami kesulitan untuk mendapatkan air. Dengan adanya sumur timba, bagi dia, bisa menjaga mata air dari kekeringan yang di simpan di alam secara langsung.

“Sumur timba bisa menjadi solusi kekeringan bagus juga. Di saat warga lain sulit mendapatkan air, dengan sumur timba jadi harapan satu-satunya dan tak pernah kering,” terangnya.

Lanjut Humaedi, sudah seharusnya sumur timba yang ada sejak dulu kembali dibudayakan lagi di setiap kehidupan masyarakat. Selain menjaga keindahan alam dengan sumur timba bisa menjadi kelestarian sumber daya alam yang baik, untuk kehidupan masyarakat berkepanjangan.

“Bukan hanya disini kami juga akan membuat penyuluhan kepada setiap masyarakat. Untuk menghidupkan kembali sumur timba yang baik,” harapnya. (oib)