Awas!!! Ada Pipa Pertamina Bocor

Awas!!! Ada Pipa Pertamina Bocor

10
0
PIPA BOCOR: Sebanyak enam sumur air bersih milik warga Kampung Sayuran Desa Cikaum Barat Kecamatan Cikaum, tak bisa digunakan akibat tercemar kondensat (minyak mentah) dari pipa minyak milik PT Pertamina yang mengalami kebocoran.
BERBAGI

SUBANG – Sebanyak enam sumur air bersih milik warga Kampung Sayuran Desa Cikaum Barat Kecamatan Cikaum, tak bisa digunakan akibat tercemar kondensat (minyak mentah) dari pipa minyak milik PT Pertamina yang mengalami kebocoran.

Informasi yang dihimpun, enam sumur milik Icang, Gimin, Andi, Madrasah, Ahyar dan Kusmayadi ini, tercemar kondensat sejak sepuluh hari lalu dan sampai sekarang belum dapat digunakan oleh warga.

“Sampai sekarang air di sumur-sumur itu enggak bisa kami manfaatkan, karena masih berbau dan bercampur minyak,” ujar tokoh warga Kampung Sayuran, Andi Kusnadi.

Akibat sumur belum bisa digunakan, warga setempat kesulitan air bersih.

“Kita jadi sulit dapat air bersih, apalagi ini bersamaan dengan kemarau panjang,” tuturnya.

Kebocoran pipa minyak yang menyebabkan sumur-sumur warga tercemar ini, kemudian dilaporkan kepada pihak PT Pertamina. Selanjutnya, pada Jumat lalu (5/10) warga bersama aparat desa dan pihak Pertamina melakukan pertemuan untuk membahas penanganan pipa yang bocor.

Dalam pertemuan itu, ungkap Andi, warga sepakat meminta pihak Pertamina agar mengganti pipa yang bocor dengan pipa yang baru dan memindahkan saluran pipa ke lokasi lain yang tidak melewati perkampungan penduduk. Karena, warga khawatir kebocoran minyak yang dinilai membahayakan dan mencemari lingkungan sekitar, bisa kembali terulang.

“Kebocoran pipa ini sudah sering terjadi. Kita khawatir itu terjadi lagi. Makanya kita minta Pertamina memindahkan saluran pipa ke lokasi lain yang enggak melewati pemukiman, terus pipanya diganti, soalnya yang sekarang kayaknya enggak layak, berkarat sehingga bocor,” tegasnya.


Saat ini, sebut Andi, petugas Pertamina masih terus bekerja memerbaiki saluran pipa yang mengalami kerusakan.

“Cuma tetap saja sumur-sumur warga masih tercemar dan belum bisa dipakai,” ucapnya.

Saat dikonfirmasi, perwakilan PT Pertamina, Erry, membenarkan terjadinya kebocoran pipa kondensat yang mencemari sejumlah sumur air bersih milik warga Desa Cikaum Barat. Namun, kebocoran itu sudah diperbaiki.

“Info dari sekuriti, (kebocoran) sudah ditangani. Info ini juga sudah saya teruskan ke Bu Linggar,” ucapnya singkat. (bds/mhs)