Jembatan Belasan Miliar Ambrol

Jembatan Belasan Miliar Ambrol

50
0
SOROT: Belum genap satu tahun dibangun, jembatan ‘Mak Uwo’ di Dusun Babeh Toha, Desa Cijunti Kecamatan Campaka yang meghubungkan Kabupoaten Purwakarta dan Subang nyaris ambrol.
BERBAGI

***Dikerjakan Belum Genap Setahun

***Badan Jalan Putus Akibat Penopang Bahu Ambruk

PURWAKARTA – Belum genap satu tahun, jembatan ‘Mak Uwok’ yang berada di RT/RT.06/02, Dusun Babeh Toha, Desa Cijunti, Kecamatan Campaka nyaris ambrol.

Proyek bernilai miliaran rupiah yang didanai APBD Purwakarta tahun anggaran 2017 sudah tidak layak digunakan. Meski awalnya warga sekitar berharap jembatan itu sebagai penunjang pertumbuhan perkonomian. Namun kini sudah tidak bisa dilalui akibat penopang bahu jembatan amblas. Sehingga terputusnya badan jalan pada jembatan tersebut.


“Proyek ini dikerjakan oleh PT. Dampu Awang. Terkait teknis dan anggaran pastinya, sebaiknya tanyakan saja ke kantor (PT. Dampu Awang, red). Karena kapasitas kami hanya mengawasi pekerjaan ini,” ujar Papat yang diketahui sebagai mandor pelaksana pekerjaan dilapangan, ketika di konfirmasi KBE di lokasi jembatan saat mengerjakan perbaikan jembatan, kemarin.

Dianggap gagal kontruksi, jembatan Mak Uwo mengundang banyak kritikan dari berbagai kalangan. Salah satunya aktivis dari LSM TOPAN, Freiliyanto, kepada KBE menegaskan, agar penegak hukum bisa memanggil guna diperiksa kontraktor jembatan tersebut.

Juklak dan juknis nya patut dipertanyakan, apakah sudah sesuai pelaksanaan. Karena sebelum pekerjaan dimulai terlebih dahulu ada penelitian teknis secara ilmiah. Karena ini menyangkut uang negara yang tidak sedikit.

“Sebaiknya penegak hukum segera panggil kontraktor nya. Apapun harus di pertanggungjawabkan secara hukum,” tegasnya. (san/mhs)