Dalang Pembuang Limbah RSBA Dikejar Polisi

Dalang Pembuang Limbah RSBA Dikejar Polisi

24
0
BERBAGI

*****Polisi Sambangi Kantor PT MHS

KARAWANG – Penyidik Unit Tipiter Satreskrim Polres Karawang datangi kantor PT Mahardika Handal Sentosa (MHS) di Tangerang Selatan, Kamis (13/9) kemarin. Perusahan tersebut seperti diketahui merupakan jasa pengangkut limbah Rumah Sakit Budi Asih, Kabupaten Bekasi yang dibuang di kawasan hutan mangrove, Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cilebar, Minggu (9/9).

 

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengungkapkan, penyidik sengaja mendatangi kantor perusahaan transpotter limbah RS Budi Asih sebagai langkah proaktif polisi mengungkap dalang kasus pembuangan limbah medis di kawasan konservasi mangrove di Dusun Sukamulya, RT 002 RW 002, Desa Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar.

 

“Siang ini kami mendatangi kantor MHS. Hai ini dilakukan karena peyidik proaktif,” ungkap Slamet kepada wartawan saat dihubungi melalui pesan singkat.

 

Lanjut Slamet, pihaknya tengah mendalami kasus tersebut, termasuk kemungkinan ditemukannya fakta dan bukti baru di lapangan. “Sekarang masih didalami dan masih berproses. Kami sempat memanggil perusahaan tersebut, namun tidak hadir,” jelasnya.

 

Sebelumnya, Polres Karawang meningkatkan status penyelidikan ke penyidikan dalam kasus pembuangan limbah Rumah Sakit Bayu Asih, Kabupaten Bekasi yang dibuang di kawasan hutan mangrove, Desa Pusakajaya Utara Kecamatan Cilebar, Minggu (9/9). Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya.

 

“Untuk sangsi hukumnya, apabila terdapat bukti yang cukup dan ada unsur kesengajaan pembuangan limbah tersebut menjadi penyidikan. Kita juga sudah periksa 6 saksi termasuk pihak rumah sakit, namun untuk PT MHS tidak datang ketika akan dilakukan pemeriksaan,” ujar Slamet kepada KBe, kemarin.

 

Lanjut Slamet, maka berdasarkan dari pidana dalam undang-undang tentang pengelolaan lingkungan hidup. Pihaknya juga terus melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan barang bukti untuk mengarah kepada tersangka. Untuk penanganan barang bukti limbahnya, Polres Karawang telah bekordinasi dengan DLHK Karawang dan kementrian lingkungan hidup. (rie)