Puluhan Bacalkades Sambangi DPMD

Puluhan Bacalkades Sambangi DPMD

45
0
DEMOKRASI DESA: Memasuki tahap verifikasi bakal calon (balon) kepala desa pada Pemilihan kepala desa (Pilkades) yang akan digelar November 2018 mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengelar pelayanan satu atap (yantap) bertempat di kantor DPMD Karawang, Senin (13/8).
BERBAGI

KARAWANG – Memasuki tahap verifikasi bakal calon (balon) kepala desa pada Pemilihan kepala desa (Pilkades) yang akan digelar November 2018 mendatang, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengelar pelayanan satu atap (yantap) bertempat di kantor DPMD Karawang, Senin (13/8).

Kepala dinas DPMD Karawang, melalui kepala bidang Pemerintahan Desa (Pemdes), Encep Komarudin mengatakan pelayanan Yantap dilaksanakan selama 4 hari dari mulai tanggal 13 Agustus sampai dengan 16 Agustus 2018.

“Yantap ini digelar untuk melengkapi berkas para balon kades sebagai syarat pendaftaran. Hari ini diikuti 9 dinas dan instansi, baik itu BNNK, DPMD, Pengadilan negeri, kejari karawang, Polres karawang untuk buat SKCK, dinas kesehatan, dinas pendidikan, dinas catpil, dan kemenag,” jelasnya kepada KBE, Senin (13/08) di sela-sela acara.

Menurut Eko, panggilan akrab kabid pemdes, pelaksanaan yantap ini dilakukan satu pintu, semua dilakukan di DPMD Karawang tidak di luar. Dalam seharinya diikuti oleh 17 desa. Dimulai dari jam 09.00 pagi dan ditutup jam 16.00 sore.

“Registrasi dilakukan oleh panitia 11 pilkades di desa masing-masing, dan dilaporkan ke DPMD. Hari pertama diikuti 17 desa, hari kedua 17 desa, hari ketiga 17 desa, dan hari terakhir 16 desa,” ucap Eko.

Dikatakannya, jika syarat-syarat para balon kades belum lengkap, DPMD mmberikan waktu untuk melengkapinya sesuai dengan tahapan Pilkades.

“Harapan saya para calon kepala desa menyerahkan pemberkasan sesuai dengan yang diharapkan. Adapun keputusannya akan dientukan panitia Pilkades,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang balon kades desa Karangjaya, Aca, mengatakan dengan diadakannya pelayanan Yantap ini, dirinya merasa terbantu. Pasalnya dirinya tidak perlu kesana kemari untuk mengurus persyaratan, karena semua dijadikan satu di DPMD Karawang.

“Jadi saya tidak perlu pergi ke pengadilan memnita surat, ke catpil, dan disdik untuk legalisir, karena semua yang dibutuhkan tersedia di DPMD Karawang. Mudah-mudahan saya lolos verifikasi dan maju ke tahap selanjutnya, ditetapkan sebagai balon kades Karangjaya,” pungkasnya. (gie)