Beranda Daerah Subang 1270 Saptam Tak Miliki KTA Polda

1270 Saptam Tak Miliki KTA Polda

8
0
PEDULI SATPAN: Al Amin, Direktur PT. Caraka Sakti Utama saat memberikan arahan bersama pengurus di kantornya.

SUBANG – Sebanyak 1270 Anggota Satpam (Satuan Pengamanan) yang saat ini bekerja di perusahaan dan pabrik di wilayah Kabupaten Subang tidak memiliki KTA (Kartu Tanda Anggota) dari Polda Jawa Barat. Bahkan 1270 Satpam tersebut belum melakukan diklat profesi.

“1270 kita dapatkan data dari Polres Subang, otomatis jika demikin artinya, anggota satpam di kabupaten subang masih minim kopentensi dalam SOP pengamanan suatu perusahaan yang mereka bekerja,” kata Al Amin Direktur PT. Caraka Sakti Utama.

Dilanjut kan Amin, dari banyaknya Satpan yang tidak memiliki KTA Polda Jabar akan merendahkan Satpam.  Bahkan dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 24 Tahun 2007 dijelaskan bahwa anggota satpam harus memiliki kompentensi.

“Jadi ada dua yang ditekankan dari Perkap 2007 yaitu Satpam harus kompentensi dan kesejahteraan. Jika kopentensi itu dimiliki setiap anggota satpam mereka akan lebih percaya diri karena punya wewenang. Bukan sebaliknya saat ini di mata masyarakat satpan dipandang sebelah mata,” kata Amin.
Bahkan kata Amin, anggota satpam yang tidak memiliki KTA dan Uji Kopentensi (Diklat) rata-rata penghasilannya di bawah UMR.

“Penghasilan dibawah UMR ini diakibatkan karena para satpam tidak memilik KTA dan keahlian dalam penanganan keamanan. Keadaan ini yang harus kita rapihkan agar satpam di Subang sejahtera,” tambahnya.
Amin berharap Polda dan Polres bisa membantu menertibkan anggota satpam yang tidak memilik KTA di Kabupaten Subang.

“Kita berharap pihak Polda dan Polres bisa mendorong agar legalitas KTA di setiap anggota Satpam benar dan legal dari Polda Jabar dan mereka bisa miliki. Karena KTA sangat membantu para satpam gar mempunyai nilai lebih dan harga jual tenaga mereka di mata perusahaan dimana mereka bekerja,” kata Amin. (hrn)