Beranda Daerah Karawang Perbup Naker Mandul

Perbup Naker Mandul

25
0

KARAWANG– Perda Nomor I Tahun 2011 dan Perbup No 18 Tahun 2016 yang mengatur penyerapan tenaga kerja lokal dinilai masih mandul dijadikan landasan yuridis meningkatkan angka serapan tenaga kerja asli Karawang. Termasuk para pencari kerja yang berada di sekitar lokasi berdirinya sejumlah perusahaan, masih sulit diterima di pabrik-pabrik yang berdiri dekat kediamannya.

Padahal dalam Perda serta Perbut mengatur 60 persen tenaga kerja wajib tenaga kerja asli Karawang. Dang mengutamakan masyarakat sekitar perusahaan. Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Karawang, Endang Sodikin menuturkan, sampai saat ini Disnakertrans tak optimal menjalankannya. Sehingga angka pengangguran masih saja tinggi setiap tahunnya.

“Kalau memang tidak bisa dijalankan karena ini dibawah tahun 2014, ini sudah layak untuk diganti, sepanjang Perbub no 18 tahun 2016 dalam rangka memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat Karawang, itu belum bisa maksimal,” ucapnya kepada KBE, Senin (11/2).

Lanjut Endang, yang juga politisi partai Gerindra ini, kita harus melihat dari efektivitas Perda ini, apakah mampu memberikan solusi, dalam rangka mengurangi angka pengangguran. Dan lagi untuk dioptimalkan, belum masuk badan pembentukan peraturan daerah. 

“Hanya saja perda ini, apabila efektivitasnya tidak menghasilkan output yang jelas bagi masyarakat, harus di revisi, kita komparatif dengan faktualnya,” ujarnya. “Perda di bawah tahun 2014, aturan-aturan lainnya yang dibawah tahun 2014 umumnya diganti, urgensi seperti itu,” timpalnya. (gie)