Awal Tahun, Ada Lagi Sekolah Ambruk

Awal Tahun, Ada Lagi Sekolah Ambruk

139
0
AMBRUK: Siswa SDN Kutanegara 1 menunjukkan bangunan sekolahnya yang ambruk. ARIE FIRMANSYAH/LARAWANG BEKASI EKSPRES
BERBAGI

Sebulan Tiga Sekolah Runtuh

KARAWANG- Awal catatan buruknya fasilitas pendidikan di kota lumbung padi awal tahun 2018 ini lagi-lagi peristiwa ambruknya ruangan kelas mewarnai dunia pendidikan di Karawang. Dua ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kutanegara 1, Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, ambruk.

Sekolah yang berlokasi kurang lebih 500 meter dari kawasan industri tersebut ambruk, setelah kondisinya bangunan yang lapuk dan tidak pernah mendapatkan penanganan selama 7 tahun terakhir.

“Memang sudah lapuk, bahkan kondisinya sudah 7 tahun tidak diperbaiki. Meskipun sudah melakukan pengajuan ke dinas pendidikan,” kata salah seorang guru, Ucu kepada wartawan, kemarin.

Ucu mengatakan dari 8 ruangan, saat ini hanya tersisa 6 ruang sekolah saja. Sehingga untuk melakukan efektif belajar murid-murid yang tidak mendapatkan ruangan terpaksa digabung dalam satu kelas.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga, Cecep menjelaskan, jika pihak pemerintah akan segera melakukan perbaikan dua ruangan kelas tersebut.

“SDN itu sudah masuk ke dalam ploting kita tahun ini . Mudah-mudahan secepatnya akan segera kita perbaiki,” ungkapnya.

Cecep mengakui cukup banyak ruangan kelas di sejumlah sekolah dasar di Karawang yang harus diperbaiki.

“Tahun ini pemerintah akan fokus untuk melakukan rehab ruang kelas. Kita tahu umurnya sudah puluhan tahun,” pungkasnya.

Dalam satu bulan terakhir ini terhitung sudah ada 3 bangunan sekolah yang ambruk, yakini SDN Malangsari 2, Desa Malangsari, Kecamatan Pedes pada 14 Desember 2017, SDN Karyamakmur II di Kecamatan Batujaya yang ambruk pada 23 Desember 2017 lalu, dan terakhir dua ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kutanegara 1, Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel  (rie)