KPU Rapat Simulasi Pendaftaran Bakal Cabup/ Cawabup

KPU Rapat Simulasi Pendaftaran Bakal Cabup/ Cawabup

102
0
RAPAT: Nampak Ketua KPU Ramlan Maulana kedua dari kiri saat rapat simulasi yang dilaksanakan KPU dalam persiapan Pilkada Purwakarta. CATURAZI/KARAWANGBEKASIEKSPRES
BERBAGI

PURWAKARTA– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta kembali menggelar kegiatan rapat, kali ini berkaitan dengan simulasi pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta tahun 2018, Minggu,(7/1) diaula KPU Gg Flamboyan No 6 Kelurahan Nagri Kaler Kabupaten Purwakarta.

Ketua KPU Purwakarta,Ramlan Maulana mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan tentang rencana dari tanggal 08 – 10 Januari 2018 terkait penerimaan pendaftaran pasangan calon di KPU, dengan harapan agar dalam pelaksanaannya nanti bisa berjalan lancar dan tertib. Sehingga seluruh unsur dan pihak panwas agar memberikan asis ataupun wejangan dalam pelaksanaanya nanti.

Ia sampaikan, lebih lanjut siklus pilkada baru berjalan 20%, dari pembentukan PPK dan PPS. Dalam proses pencalonan kali ini yang dianggap krusial antara lain periode penyerahan syarat dukungan, fervak dan tahapan periode pendaftaran

“Kita berharap pilkada di Purwakarta berjalan sukses tanpa ekses sehingga seluruh peserta dari berbagai papol dapat memahami dengan baik,” ujarnya.

Ramlan menambahkan, tiga hal yang mungkin terjadi dalam penerimaan calon yaitu menerima balon dengan syarat yg sudah lengkap, pendaftaran calon diterimanya baru sebagian dan harus diperbaiki dan pendaftaran yang ditolak.

Prinsip dalam pendaftaran bagi peserta parpol antara lain SK dari DPP model, B1 KWK parpol  perjanjian koalisi parpol ), model B2 KWK parpol atau kesepakatan parpol gabungan,  model B3 KWK parpol atau kesepakatan antara gabungan parpol dng pasangan calon,  model B4 KWK parpol kesepakatan janji visi misi, SK kepengurusan parpol sesuai tingkatannya.

“Syarat calon yang akan mendaftar dalam cabup antara lain fotocopy ijazah, naskah visi misi, daftar LO dan e-KTP,” ungkapnya.

Ia sebutkan, pada akhir penerimaan tgl 10 Januari 2018, akan ditutup pada pukul 24.00 WIB, sehingga diharapkan bagi tiap balon yang akan mendaftar jangan terlalu diakhir waktu dan sehari sebelumnya agar konfirmasi kepada pihak KPU. Pada tgl 13 Januari 2018 pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin dengan standar pelayanan tipe A.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Purwakarta Kompol Jhonson menambahkan, pelaksanaan Pilkada Purwakarta ada beberapa hal yg saling berkaitan yaitu regulasi ataupun perubahan, pihak penyelenggara, pihak peserta, pihak pengamanan dan anggaran.

“Pihak polres akan mengawal kegiatan pilkada Purwakarta dari awal sampai akhir dalam bentuk pengamanan,” katanya.

Ia juga berharap,dalam tahapan penerimaan dari tanggal 08 – 10 Januari 2018 apabila dapat diatur akan lebih baik dan terencana dalam pendaftaran calon dijadualkan.

“Kami dari kepolisian berharap pelaksanaan Pilkada Purwakarta berjalan sukses tanpa ekses,” ujar dia. (ctr)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY