Lagi, Bangunan Sekolah Ambruk

Lagi, Bangunan Sekolah Ambruk

229
0
BERBAGI

Baru Empat Tahun Direhab, Menambah Rentetan Catatan Buruk Dunia Pendidikan Karawang

PEDES – Lagi-lagi bangunan sekolah ambruk mewarnai kelamnya dunia pendidikan di Karawang. Kali ini bangunan ambrukterjadi di SDN Malangsari 2, Desa Malangsari, Kecamatan Pedes sekitar pukul 03.00, Kamis (14/12) dini hari..

Kejadian itu menambah panjang catatan tentang runtuhnya bangunan sekolah di Karawang pada 2017. Sebelumnya Pemkab Karawang juga disibukan oleh peristiwa ambruknya atap gedung sekolah SDN 2 Desa Ciptamargi di Kecamatan Cilebar,  bangunan SMP Negeri 1 Tirtajaya di Kecamatan Tirtajaya dan SD Negeri Pusakajaya Selatan II di Kecamatan Cilebar ambruk secara berturut-turut pada pertengahan tahun 2017.

Menurut Kepala SDN Malangsari 2, Suharto, bangunan ruang kelas yang roboh ini merupakan bangunan yang direhab pada 2013 lalu. Ia tak menyangka bangun yang masih terlihat kokoh tersebut akan ambruk. Akibat robohnya bangunan sekolah, semua aktivitas belajar-mengajar di sekolah dasar tersebut terganggu, bahkan lumpuh.


“Kami mohon pada pemerintah untuk segera dibangun kembali agar proses belajar mengajar tidak terganggu,”  ujar Suharto kepada KBE.

Sementara itu, Staff bagian Sarana UPTD Pendidikan Kecamatan Pedes, Kusnadi, membenarkan jika bangunan yang ambruk kurang lebih baru tiga tahun direhab. Ia mengatakan kayu nya kulitas yang jelek sehingga kekuatannya tidak menjamin.singkat nya.

Di tempat yang sama, Kabid SD Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Cecep Mulyawan saat ditemui oleh KBE di lokasi abruknya bangunan sekolah mengatakan, sekolah yang ambruk tersebut tak akan dibangun lagi oleh APBD, melainkan pihaknyta akan mengajukan alokasi anggaran dari pemerintah pusat.

“Kami akan ajukan melalui APBN untuk bulan Januari,” ucapnya. (zis)