66 Tahun Laskar Jawara

66 Tahun Laskar Jawara

554
0
BERBAGI

Harapan Tembus Liga 1 dan Menanti Anwar Ujang Millenial

Persika Karawang genap berusia 66 tahun pada Kamis, 14 Desember 2017. Untuk memperingatinya, manajemen menggelar pertandingan persahabatan melawan Persib Legend di Stadion Singaperbangsa Karawang. 

Yunaz Setiawan-Mahesa Bahagiastra, Karawang

SEKITAR 25 ribu masyarakat memenuhi stadion. Stadion Singaperbangsa yang hanya mampu menampung sekitar 15 ribu orang saja, tak mampu menampung  antusias dan kerinduan masyarakat terhadap Persika Karawang. Sekitar 10 ribu penonton pun terpaksa menonton pertandingan di running track dan berdesakan di sisi lapangan.

Meski memadati stadion, penonton tidak membuat kericuhan. Pertandingan yang berakhir untuk kemenangan Persika dengan skor 3-1 itu memberikan kenangan manis bagi seluruh masyarakat, manajemen, pelatih dan para pemain.

Pembina Persika Karawang, Ahmad Zamakhsyari yang juga Wakil Bupati Karawang, sangat terharu dengan antusiasme luar biasa masyarakat. Di hadapan Bupati Cellica Nurrachadiana, pria yang akrab disapa Jimmy mengatakan, Persika tak hanya lagi menjadi jati diri Karawang. Namun juga Jawa Barat.

Mengingat, kata Jimmy, Persika menjadi satu-satunya tim asal Jawa Barat di Liga 2 musim 2018 nanti yang rencananya akan digelar Maret 2018.

“Ini bukti. Masyarakat bangga. Persika masih bertahan di Liga 2. Meski tak mencapai target lolos ke Liga 1 tahun ini, tapi perjuangan pemain dan bisa tetap eksis di Liga 2 adalah prestasi,” kata Jimmy.

Jimmy pun meminta masyarakat untuk mendoakan dan selalu memberikan dukungan untuk Persika. Karena, Liga 2 di musim depan cukup berat untuk diarungi. Jimmy mengatakan, manajemen di bawah komando Komisaris Saepul Riki dan CEO Nana Permana Sudradjat bakal komitmen dan serius membangun tim agar target Liga 1 dan berada satu level dengan Persib Bandung, Arema Malang bisa tergapai.

“Liga 1 harga mati,” kata Jimmy disambut riuh gemuruh tepuk tangan penonton.

Sementara, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengapresiasi kinerja Persika Karawang musim lalu. Untuk menambah semangat dan kemudahan operasional latihan dan pertandingan, Pemkab Karawang menghibahkan satu unit bus mewah dengan harga senilai Rp1,3 miliar.

“Saya berharap, pemain akan merasa nyaman bermain di Persika Karawang. Saya dan seluruh masyarakat Karawang mendoakan agar cita-cita lolos ke Liga 1 dapat terwujud tahun depan,” kata Cellica.

Pemain Persika, Fadil Redian mengaku bahagia dapat menjadi bagian di Persika Karawang. Dia mengatakan, sudah banyak klub meminta jasa dia. Bahkan klub di Liga 1 juga tak ketinggalan menghubungi dia. “Saya nyaman dan senang di Persika. Insya Allah saya dan semua pemain berusaha membawa Persika lolos ke Liga 1,” kata Fadil.

Pertandingan uji coba melawan Persib Legend berhasil dimenangkan oleh Persika. 3 gol yang dicetak oleh Denna Nugraha, Patrich Wanggai dan Rezky Ikhwan tak mampu dikejar oleh Zainal Arif cs. Sementara, gol penghibur Persib Legend dicetak oleh Zainal Arif.

Menanti Anwar Ujang Millenial

Masyarakat Karawang tentu tak asing dengan nama Alm. Anwar Ujang, Pemain bola kelahiran Cikampek, 2 Maret 1945, salah satu pemain kebanggaan Persika Karawang, yang sempat masuk mejadi jajaran inti punggawa Timnas Indonesia dimulai pada tahun 1965, bahkan pada tahun 1971 sampai 1974, ia didaulat menjadi kapten Timnas Indonesia. Pada masa itu, legend Karawang tersebut memakai kaos bernomor 5 dan sering dijuluki Beckenbauer Indonesia.

Anwar Ujang sendiri, meninggal tanggal 18 Oktober 2014 lalu di kediamannya, Medan, Sumatera Utara. Pada momentum HUT Persika Karawang ke 66, publik  di Karawang berharap, momentum yang diawali euforia terhadap Persika Karawang, dan akan didirikannya sebuah akademi sepak bola besutan pelatih sekaliber Indra Sjafri di Karawang awal tahun 2018 mendatang, muncul embrio-embrio Anwar Ujang Millenial.  Selain itu diketahui banyak SSB di Karawang yang syarat prestasi. Diantaranya Kancil Mas, Loreng FC, dan juga Bravo Satya Kencana (BSK) FC.

Mengutip sebuah artikel yang ditulis seorang jurnalis Karawang Bekasi Ekspres (KBE) yang berjudul ‘Bangkitnya Persika dan Menanti Anwar Ujang Baru’ pada 2016 lalu,

“Semoga, kelak, merekalah yang bisa menyandang nama The Next Anwar Ujang, membawa dan mengharumkan nama Karawang, bukan hanya di ranah Nasional, pun juga di kancah Internasional,” tulisnya. (*)