UPTD Puskesmas Rengasdengklok Sosialisasi Germas

UPTD Puskesmas Rengasdengklok Sosialisasi Germas

16
0
SOSIALISASI GERMAS: UPTD Puskesmas Rengasdengklok sosialisasi pentingnya Germas agar kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. YOGIE SETIADI/ KARAWANG BEKASI EKSPRES
BERBAGI

 

RENGASDENGKLOK – Ditengah maraknya masalah kesehatan masyarakat seperti  penyakit infeksi, meningkatnya Penyakit Tidak Menular (PTM), dan kembali munculnya penyakit yang tidak teratasi , Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), yang dilakukan sosialisasi di tingkat Puskesmas.

Sosialisasi GERMAS dilakukan UPTD Puskesmas Rengasdengklok, yang dihadiri oleh Muspika Rengasdengklok.

Kepala Puskesmas Rengasengklok dr. Siti Yulyana menjelaskan Germas adalah tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Pelaksanaannya harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga, karena keluarga bagian terkecil dari masyarakat agar bisa terbentuk kepribadian,” ungkapnya  kepada KBE, Selasa (5/12).

Menurut Siti Yulyana bentuk kegiatan dari Germas itu meliputi kegiatan sehari-hari masyarakat pada umumnya seperti, melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, dan memeriksa kesehatan secara rutin.

“Dan tidak merokok, membersihkan lingkungan, tidak mengkonsumsi alkohol, serta menggunakan jamban sehat, ini harus dibiasakan oleh masyarakat agar dapat hidup sehat dan membentuk kepribadian,” tambahnya.

Ia  juga menambahkan setelah kegiatan hidup sehat dilakukan dengan berkesinambungan ini akan menghindarkan masyarakat minimal dari terserang PTM, seperti Hipertensi, PJK, Stroke, Kanker, penyakit metabolik.

“Tujuan dari Germas ini agar Masyarakat berperilaku sehat, sehingga berdampak pada kesehatan yang terjaga, produktif, menciptakan lingkungan bersih dan sehat, dan mengurangi biaya perobatan,”singkatnya.

Sementara itu, Emi (36), perwakilan dari desa Kalangsari Kecamatan Rengasdengklok menyambut baik program yang telah dilakukan oleh Pemerntah Pusat melalui Puskesmas Rengasdengklok.

Ia menilai dengan adanya Germas secara tidak langsung turut menyadarkan masyarakat akan pentingnya hidup sehat, dan dimulai sejak dini.

“Insyallah semua materi, dan pembahasan yang telah kami terima hari ini, akan kami sosialisasikan kembali kepada para warga desa Kalangsari, khususnya saat minggon desa Rabu besok sehingga bisa diterapkan dalam kebiasaan sehari-hari,” pungkasnya. (gie)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY