Rumah Warga Tergenang Banjir Rob

Rumah Warga Tergenang Banjir Rob

23
0
TERBAWA ARUS: Perahu milik nelayan di Cilamaya Wetan terbawa arus banjir rob sampai ke pemukiman warga. WAHYUDI UMAR/KARAWANG BEKASI EKSPRES
BERBAGI

Perahu Nelayan Sampai Hanyut

CILAMAYA WETAN – Puluhan rumah masyarakat kampung nelayan Tangkolak Timur, Desa Sukakerta, Kecamatan Cilamaya Wetan, Karawang terendam banjir rob dari sungai Cilamaya yang bermuara dipesisir pantai desa tersebut.

Menurut Anton, salah satu warga yang rumahnya terdampak banjir rob menerangkan, hal semacam ini memang rutin terjadi didesa yang berada dipesisir pantai utara Karawang tersebut.

Dikatakannya, banjir rob kerap terjadi lantaran anak sungai Cilamaya itu tidak lagi mampu menampung debit air yang terus meningkat karena intensitas hujan yang tinggi.

Tak hanya itu, diakhir tahun 2017, biasanya air laut juga sering rob di pagi dan di malam hari. Meskipun semikian, warga tidak menanggapinya dengan serius karena sudah biasa.

“Kalau sekarang-sekarang kita sering kena banjir rob, apalagi pagi dan malam hari. Tapi warga tidak terlalu panik karena sudah terbiasa,” ujarnya kepada KBE, Senin (5/12) di rumahnya.

Masih kata Anton, ia mengakui banjir rob  kali ini dinilai cukup parah. Pasalnya, air yang menggenang kesejumlah rumah warga cukup tinggi. Bahkan, beberapa diantaranya sampai masuk kedalam rumah.  “Kalau kenapa bisa terjadi seperti sekarang, ya mungkin karena sungai yang mulai dangkal,” tuturnya.

Ketua RW setempat, Sobri menerangkan, pemerintah desa Sukakerta beserta jajarannya sudah melakukan normalisasi sungai tersebut untuk mengurangi dampak banjir rob tahunan tersebut.

Dikatakannya, upaya normalisasi tersebut akan sia-sia, apabila warganya tidak menjaga lingkungan, dalam hal ini menjaga kebersihan sungai.

“Sudah diserukan kepada warga, larangan membuang sampah kesungai. Namun apa daya, karena masyarakat tidak punya pilihan lain, selain membuang sampah ke sungai,” sesalnya. (wyd)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY