Kadisnaker: Kami Akan Inspeksi ke PT Dean Shoes

Kadisnaker: Kami Akan Inspeksi ke PT Dean Shoes

34
0
H.A Suroto, Kadisnaker Karawang
BERBAGI

KARAWANG-  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang akan inspeksi ke PT Dean Shoes dalam waktu ini. Kegiatan ini dilakukan menyusul dihentikannya kegiatan klinik PT Dean Shoes karena diduga mempekerjakan dokter yang tidak memiliki surat izin praktik beberapa waktu lalu.

“Dalam waktu dekat ini kita akan inspeksi, sudah dijadwalkan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, Suroto.

Dikatakannya, inspeksi tidak hanya terkait tenaga kerja asing namun semua permasalahan yang ada di perusahaan tersebut. Lanjut Suroto, dirinya bersama tim akan turun langsung ke perusahaan untuk melakukan peninjauan langsung.

“Kalau dinas kesehatan mau ikut turun juga boleh,” katanya.

Sementara itu, klinik PT Dean Shoes dihentikan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang karena diduga mempekerjakan dokter yang tidak memiliki surat izin praktik.

“Kami sudah menurunkan tim ke lapangan dan kesimpulannya, ada dugaan pelanggaran di klinik PT Dean Shoes, yakni surat izin tenaga medisnya tidak sesuai,” kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Yuska Yasin

Namun, kepada KBE PT Dean Shoes menampik tudingan Dinas Kesehatan Karawang. Manajemen PT Dean Shoes membantah tudingan Dinas Kesehatan Karawang atas dugaan mempekerjakan dokter dan tenaga medis yang tidak memiliki surat izin praktik (SIP) beberapa waktu lalu di media massa.

“Itu tidak benar, karena tenaga medis kami sudah mempunyai surat izin praktik,” kata Manager PT Dean Shoes, Daniel Tseng, dalam keterangan persnya.

Dia menyampaikan, berkaitan dengan pelayanan kesehatan tenaga kerja, pihaknya sudah memiliki dokumen yang diperlukan, pengesahannya sudah dilakukan oleh pihak Balai Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat dengan no 560/Kep.882/BP2K-Wil.II/2017 tertanggal 02 November 2017.

Dasar regulasi yang menjadi acuan untuk pelayanan kesehatan tenaga kerja adalah Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 03/Men/1982, tentang Pelayanan Kesehatan Kerja.  Karena saat ini PT Dean Shoes tidak membuka klinik untuk dikomersilkan, maka tidak harus menempuh pembuatan izin klinik. Meski demikian, pihaknya juga saat ini tengah menempuh proses perizinan klinik.

“Kalau untuk izin klinik, proses perizinannya kami sedang menempuh. Tapi tidak tahu kenapa pihak dinas perizinan (DPMPTSP), seolah mempersulit,” katanya. (naz/mhs)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY