Dari Pramugari hingga Bisnis Kue

Dari Pramugari hingga Bisnis Kue

304
0
Ivana Indriany
BERBAGI

Bekasi-Karirnya sebagai pramugari disalah satu maskapai penerbangan harus ditinggalkan perempuan Bekasi ini. Pasalnya, ia harus fokus mengurus keluarga setelah melangsungkan pernikahannya. Itu terjadi sekitar tahun 2006 lalu.

Tapi ternyata, energinya untuk beraktivitas cukup tinggi. Ini yang membuat ibu dua anak ini kemudian merintis bisnisnya, Ivana Cakes. Bisnis yang dirintisnya sejak tahun 2010 itu dimulai dengan belajar membuat kue melalui buku-buku resep.

Pilihan bisnisnya dikatakan perempuan bernama lengkap Ivana Indriany itu karena cukup menjanjikan. “Bisnis kuliner itu enggak ada matinya,” ujarnya

Awalnya, ia mulai memasarkan produk orang lain secara online. Kemudian meningkat menjadi distributor salah satu produk cokelat. Bahkan Ivana sempat mendapat penghargaan penjualan tertinggi se-Jawa Barat.

“Hingga kemudian saya berpikir, kenapa tidak mengolah sendiri kue untuk dipasarkan sendiri. Diawali dengan membuat kue tart untuk anak sendiri ketika ulang tahun, walaupun sering gagal atau kuenya bantat, tapi dicoba terus, sampai hasilnya memuaskan,” tuturnya.


Tahun 2016 lalu, ia kemudian merilis produk unggulannya sendiri Brown Safary. Produk tersebut dikatakannya merupakan brownis yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. “Ini perpaduan brownies klasik dengan savory cake, yaitu brownies manis dengan cake asin,” terangnya.

Lapisan atasnya, lanjut Ivana, terdiri dari smoke beef, cheese dan sentuhan Italia dari oregano. “Ada 4 varian rasa, yaitu original, sausage paprika, corn paprika dam mushroom black pepper,” tutur Ivana.

Untuk pemasaran sendiri, Ivana mengatakan dilakukan secara online. Sehingga, produknya tak hanya beredar di wilayah Bekasi, tetapi juga sudah sampai ke daerah lain, termasuk Sumatera. “Nanti biasanya barangnya diantar menggunakan jasa angkutan online,” jelasnya.

Dalam sebulan, Ivana Cakes dikatakannya bisa mendapat order sekitar 100-150 box Brownsafary. “Saat ini untuk mengembangkan bisnis ini, saya masih membutuhkan reseller dan mitra bisnis,” tandasnya. (dim)