Direktur Bandar Udara Kemenhub: Bandara Karawang Tetap Dibangun

Direktur Bandar Udara Kemenhub: Bandara Karawang Tetap Dibangun

4049
0
BERBAGI

KARAWANG – Setelah sepi karena tak kunjung terealisasi, wacana proyek pembangunan Bandara Internasional Karawang kembali mengemuka.

Direktur Bandar Udara Kemenhub Bintang Hidayat mengatakan kalau Karawang tetap dicanangkan menjadi second airport bagi Bandara Soekarno-Hatta.

Sebenarnya, proyek pembangunan Bandara di Karawang sudah masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN), yang terncantum dalam Peraturan Presiden Nomor 3 tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Namun, sempat diusulkan untuk dicabut dari daftar PSN.

“Namun dalam tatanan kebandarudaraan, bandara Karawang tetap sebagai second airport bagi Jakarta. Ini sangat membantu warga di Jakarta Timur sampai Cikampek,” ujar Bintang.

Kembali terbukanya rencana pembangunan Bandara di Karawang  Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana memyambut baik hal tersebut.

Bahkan, dia mengatakan segera membentuk tim khusus untuk melakukan kajian agar sesuai dengan persyaratan seperti pemenuhan terhadap Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

Dikatakan Cellica, PSN Bandara Karawang sebelumnya belum memenuhi persyaratan terutama pada RTRW. Tak hanya proyek Bandara saja, kata Cellica, Karawang juga dihadapi dengan PSN lainnya. Yakni pembangunan stasiun dan jalur rel kereta api cepat.

“Kita tentunya akan membantu pemerintah pusat merealisasikan hal itu (pembangunan Bandara). Kita harus kaji dulu supaya tidak merusak tata ruang sebelumnya,” ujar Cellica usai melantik tiga PNS Eselon II Pratama kepada KBE di lantai 3 kantor Bupati Karawang, Kamis (13/7).

Dia mengatakan, tim kajian tak hanya  mengkaji bandara ataupun jalur rel kereta api cepat. Namun juga mengkaji wilayah Karangligar yang terus menerus menjadi langganan banjir dan menjadi titik terendah di Karawang.

“Tentunya kajian tentang tata ruang tidak mudah. Sehingga butuh waktu. Semoga proses pengkajian berjalan lancar,” tukasnya. (naz/fan)