MK Tolak Gugatan Dedi J

MK Tolak Gugatan Dedi J

20
0
Gedung MK Jakarta
BERBAGI

** Ruhimat-Maskur Segera Ditetapkan sebagai Pemenang Pilkada Subang

SUBANG – Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan gugatan perkara perselisihan hasil Pilkada Subang yang diajukan pasangan Calon Bupati Subang Dedi J – Budi Setiadi.

Dengan demikian, hasil rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan oleh KPU Subang akan segera ditetapkan.

“Bahwa secara legal standing, pihak pengadu tidak dinyatakan berwenang atau layak untuk adukan perkara. Yang kedua MK juga menyampingkan pokok perkara,” kata Maman Suparman, Ketua KPU Subang.

Gugatan Pilkada yang diadukan ke MK oleh pengadu (pasangan Dedi J- Budi Setiadi) yaitu pokok perkara antara lain  data pemilih dan politik uang.

“Jadi MK melihat bahwa legal standing untuk mengajukan gugatan ke MK tidak terpenuhi. Salah satunya unsur 0,5 persen itu kan,” ujar Maman.

Atas ditolaknya gugatan atas hasil Pilkada Subang oleh MK, pada hari Minggu besok KPU Subang akan segera melakukan rapat pleno untuk penetapan hasil suara pemilih.

“Agenda pleno penetapan rekapitulasi hasil suara. Rencananya akan kita agendakan di hari Minggu,” kata Maman lagi.

Sementara menanggapi ditolaknya gugatan pilkada oleh MK, Eep Hidayat, Ketua DPD Partai NasDem Subang yang merupakan pengusung pasangan Rumimat-Maskur mengucap syukur.

” Alhamdulillah, ini sudah ditakdirkan dan kita berharap dari kepemimpinan baru bisa membawa Kabupaten Subang yang lebih maju,” kata Eep.

Ditambahkan Eep, dengan sebentar lagi akan dilantiknya Ruhimat sebagai Bupati Subang untuk priode 2018-2023, maka Subang punya kepemimpinan baru.

“Kemenangan Ruhimat adalah kemenangan Rakyat Subang, karena rakyat Subang memilih Ruhimat. Saya mengimbau Ruhimat bisa melaksanakan dan menjaga amanat rakyat Subang,” kata Eep. (hrn)