Waspadai Serangan Bom

Waspadai Serangan Bom

35
0
AMANKAN ASIAN GAMES: Jajaran TNI / Polri melaksanakan simulasi pengamanan Asian Games dilakukan di Hotel Betha Jalan A.Yani Subang.
BERBAGI

*** Polda dan Pangdam III Siliwangi Simulai Pengamanan Asian Games di Subang

SUBANG – Kamis siang (9/8), sekitar jam 10.00 WIB, jajaran TNI / Polri melaksanakan simulasi pengamanan Asian Games dilakukan di Hotel Betha Jalan A.Yani Subang.

Acara simulasi dihadiri langsung oleh Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi.

Terpilihnya Kabupaten Subang  menjadi tuan rumah Cabang Olahraga Speda Cros Country dan Mountain Bike dari tanggal 22 – 24 Agustus 2018 menuntut pengamanan khusus dari Polda Jabar. Karenanya sudah tinggal menghitung hari. TNI/Polri mulai mempersiapkan pengamanan super ekstra.

Pantauan KBE, simulasi berjalan sesuai skenario. Diawali peraga sekumpulan masyarakat biasa yang beraktivitas normal di depan Hotel Betha, kemudian tiba-tiba terdengar dentuman bom di lantai 3 Hotel Betha.

Aksi sandera yang dilakukan oleh kelompok teroris terhadap tamu hotel. Pembebasan sandera pun tergambar sangat cepat dan lugas. Dari mulai penurunan  personil dari helikopter Polri diatas hotel dan tim sergap TNI/Pori yang mengepung Hotel Betha yang menjadi tempat penyanderaan sekelompok teroris.

Dalam Simulasi inipun terjadi 2 ledakan bom yang pertama di lantai 3 Hotel Betha, ledakan kedua terjadi di halaman parkir hotel yang objeknya mobil kijang hitam.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun korban luka – luka di dalam rangkaian simulasi ini. Sedikitnya 300 orang Personil TNI/Polri dilibatkan dalam pengamanan Asian Games.

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Muryoto mengatakan, acara tersebut menggambarkan betapa sigapnya jajaran TNI/Polri mengatasi segala macam ganguan yang akan terjadi selama pelaksanaan Asian Games di Subang.

“Rangkaian simulasi ini mencerminkan betapa siap dan sigapnya Polri dan TNI untuk mengamankan Asian Games di Kabupaten Subang,” ujar Kapolda.

Menjelang bergulirnya cabang olahraga Sepeda Cros dan Sepeda Gunung di Kabupaten Subang. Kapolda menambahkan kesiapannya untuk mengamankan Asian Games.

“Kita bisa lihat di latihan simulasi tadi kesiapan kita bagaimana. Tidak hanya di Kabupaten Subang, Kapolda dan Pangdam III Siliwangi siap mengamankan seluruh venue di Jawa Barat.  Jadi misalnya ada kejadian seperti pengeboman, penyanderaan kita bisa cepat mengatasinya. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa saat acara nanti,” ujar Kapolda. (and)