Terkait Gugatan ke MK, KPU Bongkar Lagi Kotak Suara

Terkait Gugatan ke MK, KPU Bongkar Lagi Kotak Suara

51
0
DIBONGKAR: Suasana pembongkaran kotak suara di Kantor KPU Subang.
BERBAGI

SUBANG– Merespon dimulainya sidang perkara gugatan hasil Pilkada Subang 2018 oleh Mahkamah Konstitusi (MK), KPU Subang membongkar gudang penyimpanan kotak suara, Jumat (27/7).

Pembongkaran gudang berisi ribuan kotak suara Pilkada Subang 2018 ini mendapat pengawasan dari aparat Polres Subang dan disaksikan langsung oleh Ketua KPU Maman Suparman didampingi Komisioner, Rokib el-Fariz.

Ketua KPU Subang, Maman Suparman menyebut, pembongkaran kotak suara dilakukan sesuai ketentuan untuk melengkapi bukti-bukti, guna menghadapi sidang gugatan di MK.

“Sekarang ini kita (KPU) dengan Paslon 3 sudah jadi lawan. Sesuai ketentuan PKPU 2017, kita akan bongkar kotak suara untuk melengkapi bukti-bukti di sidang MK, guna melawan bukti yang diajukan oleh Paslon 3,” ujar Maman.

Menurut dia, jumlah kotak suara yang akan dibongkar disesuaikan dengan yang tercantum dalam perkara gugatan.

“Nanti dari setiap kotak suara yang dibuka, kita akan ambil dokumen C1-nya sebagai bukti di sidang MK,” ucap Maman.

Sebelumnya diberitakan, MK)menggelar sidang perdana pendahuluan terhadap perkara perselisihan hasil Pilkada Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang diajukan Pasangan Calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati nomor 3 Dedi J-Budi Setiadi selaku pemohon, Kamis siang (26/7).


Sidang pendahuluan atas perkara Pilkada Subang ini, dihadiri kuasa hukum pemohon, Bawaslu, dan pihak KPU Subang selaku termohon.

Dari pihak KPU, tampak hadir Ketua KPU Subang Maman Suparman didampingi Komisioner KPU, Rokib el-Fariz.

“Tadi siang itu sidang pendahuluan perkara gugatan Pilkada Subang yang kita ajukan, diantara agendanya penyampaian berkas-berkas gugatan,” ujar perwakilan pihak pemohon, Randy.

Dia menyebut, sidang akan dilanjutkan kembali pada pekan depan. “Minggu depan sidang lagi,” ucapnya. (hrn)