MK Sidangkan Pilkada Subang

MK Sidangkan Pilkada Subang

64
0
SIDANG PERDANA: foto : Sidang Perdana Mahkamah Konstitusi (MK) tentang perselisihan hasil Pilkada Subang.
BERBAGI

Soal Perselisihan hasil Perolehan Suara Paslon

SUBANG – Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang perdana pendahuluan terhadap perkara perselisihan hasil Pilkada Kabupaten Subang, yang diajukan Pasangan Calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati nomor 3 Dedi J-Budi Setiadi selaku pemohon.

Sidang pendahuluan atas perkara Pilkada Subang ini dihadiri kuasa hukum pemohon, Bawaslu, dan pihak KPU Subang selaku termohon.

Dari pihak KPU, tampak hadir Ketua KPU Subang Maman Suparman didampingi Komisioner KPU, Rokib el-Fariz.

“Sidang pendahuluan perkara gugatan Pilkada Subang yang kita ajukan, diantara agendanya penyampaian berkas-berkas gugatan,” ujar perwakilan pihak pemohon, Randy.

Dia menyebut, sidang akan dilanjutkan kembali pada pekan depan. “Minggu depan sidang lagi,” ucapnya.


Sementara itu, dalam sidang pendahuluan tahap pertama ini, MK menggelar sidang untuk 35 perkara gugatan perselisihan hasil Pilkada Serentak 2018 dari total 69 permohonan gugatan, salah satunya Pilkada Kabupaten Subang.

Persidangan pemeriksaan pendahuluan ini terbagi menjadi tiga panel, dengan majelis hakim yang terdiri dari tiga hakim konstitusi di setiap panel.

Dari 35 perkara sengketa hasil Pilkada Serentak 2018 yang disidangkan, enam perkara merupakan perkara sengketa hasil pemilihan gubernur dan wakil gubernur, 23 perkara merupakan sengketa hasil pemilihan bupati dan wakil bupati, dan enam perkara sengketa pemilihan walikota dan wakil walikota.

Pada sidang perdana ini, MK memeriksa persyaratan formil dan materil gugatan masing-masing pemohon. Selain itu, MK juga akan mendengarkan dalil-dalil para pemohon lain yang dianggap berpengaruh pada perolehan suara hasil pilkada. (hrn)