33 Siswa Berprestasi Dikuliahkan ke Taiwan

33 Siswa Berprestasi Dikuliahkan ke Taiwan

28
0
BERIKAN MOTIVASI: Wakil Bupati Karawangm Ahmad “Jimmy” Zamakhsyari saat memberikan motivasi kepada peserta didik di SMK PGRI Telagasari.
BERBAGI

KARAWANG – Senyum bahagia keluar dari wajah 33 siswa SMK 1 PGRI Telagasari. Mereka diberangkatkan ke Taiwan untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi dekaligus magang di perusahaan yang ada di sana. Ini menjadi torehan pertama kali yang dilakukan SMK di Karawang, menjadi lebih istimewa karena ditorehkan oleh sekolah swasta.

Wakil Bupati Karawang Ahmad “Jimmy” Zamakhsyari yang melepas 33 siswa tersebut mengaku sangat bangga pada sekolah ini, dan dapat menjadi percontohan sekalipun oleh sekolah-sekolah beken kenamaan di Karawang.

“Hari SMK Telagasari membuat cerita cinta. Sekolah ini berhasil melanjutkan 33 siswanya untuk melanjutkan kuliah ke Taiwan sekaligus magang. Di sana tiga hari kerja, tiga hari kuliah selama dua tahun, plus tunjangan Rp 9 juta per bulan,” kata Jimmy.

Pada kesempatan iti, Jimmy mendambakan seluruh sekolah di Karawang dapat seperti SMK PGRI Telagasari. Terlebih dengan adanya sekitar1789 perusahaan yang seharusnya dapat dengan baik dikerjasamakan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Bayangkan jika satu perusahaan meberangkatkan 10 siswa, hitung saja hanya 1000 perusahaan, berarti dalam 1 tahun ada 10.000 orang Karawang yang memiliki SDM unggul,” katanya.

Tak main-main, ia langsung meminta Kadisnaker Karawang Ahmad Surota dapat menjembatani sekolah dengan perusahaan untuk menerapkan program seperti yang diterapkan di SMK PGRI Telagasari.

“Saya minta Kadisnaker jadi penghulu yang mengawinkan lembaga pendidikan dengan perusahaan,” ujar Kang Jimmy.

Sementara itu, Kadisnakertrans, Ahmah Suroto  mengaku siap untuk menjalankan kebijakan tersebut dalam waktu dekat ini.

“Ya saya rasa itu adalah solusi, misalnya 1 perusahaan mengasuh 10 siswa saja kemudian diberangkatkan kuliah sambil magang ke luar negeri, artinya minimal ada lebih dari 10 ribu lulusan berkualitas setiap tahunnya jika dikalikan dengan jumlah perusahaan yang ada di Karawang,” katanya. (mhs)