Limbah Medis RSUD Berserakan

Limbah Medis RSUD Berserakan

49
0
SOROT: Kelalaian mengurus limbah medis masih saja terjadi di RSUD Karawang. Hingga saat ini pemulung sampah ekomis masih sering memungut limbah medis RSUD di sekitar ruang terbuka sekitar rumah sakit.
BERBAGI

Masih Bebas Dipungut Pemulung

 KARAWANG – Kelalaian mengurus limbah medis masih saja terjadi di RSUD Karawang. Hingga saat ini pemulung sampah ekomis masih sering memungut limbah medis RSUD di sekitar ruang terbuka sekitar rumah sakit.

Padahal sampah peralatan medis atau yang dikenal limbah infeksius selain bisa  menimbulkan penyakit bagi warga sekitar, limbah tersebut masuk ke dalam kategori bahan berhaya dan beracun (B3) yang akibatnya bisa mengontaminasi masyarakat sekitar.

Penanganan limbah itu perlu penanganan yang ekstra, namun apa jadinya jika limbah infeksius ditemukan di bak sampah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Karawang, oleh pemulung sampah ekonomis yang dapat dimanfaatkan

Salah seorang pemulung sampah ekonomis, Endang (38) mengaku dirinya sering menemukan limbah infesksius berupa jarum suntik di bak sampah milik RSUD Karawang. Bukan hanya jarum suntik saja tetapi seperti kapas, sarung tangan sering ia temukan.

“Saya sering menemukan limbah medis berupa jarum suntik, dan sampah medis lainnya pada saat mencari sampah yang bisa dimanfaatkan untuk dijual,” ujarnya kepada KBE, Kamis (19/07) sambil memilah sampah di bak.

Ia mengatakan, sampah medis berupa jarum suntik tidak pernah ia bawa namun kalau botol infusan dipungut untuk di jual kalau jarum suntik dan limbah medis lainnya tidak pernah ia bawa.

“Kalau botol infusan saya ambil dikarenakan masih laku dijual, kalau yang lainnya ga pernah saya ambil,” ucapnya.

Sementara itu, pihak RSUD Karawang, belum bisa memberikan keterangan apapun, saat hwndak akan dikonfirmasi  Humas dan Direktur RSUD sedang tidak ada di ruangan kerjanya.

Limbah infeksius sendiri, secara aturan sampah tidak boleh dibuang sembarangan dan sudah ada tempatnya khusus. Namun dilapangan masih ditemukan sampah medis dibuang ke bak sampah rumah tangga atau sampah domestik.

Diketahui, kategori limbah infeksius meliputi limbah yang berkaitan dengan pasien yang memerlukan isolasi penyakit menular (perawatan intensif).Limbah laboratorium yang berkaitan dengan pemeriksaan mikrobiologi dari poliklinik dan ruang perawatan/ isolasi penyakit menular.Limbah jaringan tubuh meliputi organ, anggota badan, darah dan cairan tubuh, sampah mikrobiologis, limbah pembedahan, limbah unit dialysis dan peralatan terkontaminasi /medical waste. (gie)