Hari Akhir Pendaftaran

Hari Akhir Pendaftaran

28
0
BARU 4 PARPOL: Para pengurus dan kader PKB Purwakarta mendaftarkan para bacaleg ke KPU.
BERBAGI

Baru 4 Parpol yang Serahkan Bacalegnya

PURWAKARTA– Pada Senin (16/07) sore, Kantor KPU Purwakarta di Jalan Flamboyan No 60, yang sebelumnya sepi mendadak ramai. Rombongan pengurus DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Purwakarta datang ke Kantor KPU dengan dikawal kepolisian.

Kedatangan para pengurus PKB tak lain untuk mendaftarkan para bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU. Pendaftaran bacaleg PKB Purwakarta ini dilakukan menjelang hari akhir masa pendaftaran.

Sebelumnya para bacaleg dari Partai Gerindra, Partai NasDem dan Partai Berkarya juga sudah didaftarkan oleh pengurus masing-masing.

Sementara itu, sampai Senin sore kemarin, yaitu menjelang hari terakhir pendaftaran bacaleg pada Selasa (17/07) ini, masih belasan partai yang belum mendaftarkan para bakal calonya.

Hal tersebut dikarenakan masih ada kendala untuk memenuhi persyaratan individu bacaleg.

” Sampai hari ini masih banyak partai yang belum mendaftarkan bacalegnya. Diantaranya karena masing-masing partai masih menyeleksi dengan ketat bacalegnya. Karena masing-masing partai berkeinginan punya calon yang berkualitas dan kredibel. Yang jadi persoalan walaupun calegnya berbobot, belum tentu dipilih masyarakat. Dan untuk Pemilu di Purwakarta saya nilai kompetitif karena semua partai mempunyai peluang yang sama,” ujar politisi Purwakarta, Munawar Holil.

Sementara Ramlan Maulana, Ketua KPU Purwakarta saat ditemui KBE mengatakan, dari tanggal 4 Juli 2018 awal dibukanya pendaftaran bacaleg, sampai hari ini Senin (16/07) baru 3 partai yang mendaftar. Dan pendaftaran akan ditutup jam 24:00 WIB pada hari Selasa (17/07) ini.

“Untuk bacaleg tahun ini mayoritas pendidikannya S1,” ujar Ramlan.

Ramlan juga menambahkan, untuk bacaleg Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pejabat pemerintah, ketika melakukan pendaftaran harus ada surat pernyataan pengunduran diri disertai tanda terima dari  lembaga berwenang tentang pengunduran dirinya.

Selain itu juga ada surat  pemberitahuan dari pimpinanya bahwa surat pengunduran dirinya sedang dalam proses. Kemudian surat pemberhentian harus ada satu hari sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT). Yaitu pada tanggal 19 September 2018,” terangnya. (san)