“Pajak Bertilawah” Ramaikan Hari Pajak

“Pajak Bertilawah” Ramaikan Hari Pajak

31
0
KEGIATAN: Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karawang Utara menggelar berbagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Pajak. Acara dimulai sejak Kamis (12/7) lalu.
BERBAGI

KARAWANG- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karawang Utara menggelar berbagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Pajak. Acara dimulai sejak Kamis (12/7) lalu.

Seluruh kegiatan dimaksudkan untuk memeriahkan Hari Pajak. Antara lain kegiatan keagamaan Pajak Bertilawah, bhakti sosial dan puncak peringatan pada Sabtu 14 Juli 2018 yakni upacara bendera di halaman KPP Pratama Karawang Utara.

Kepala KPP Pratama Karawang Utara Tata Nugraha mengatakan, Hari Pajak tahun 2018 pertama dilakukan kendati Hari Pajak telah ditetapkan pada 14 Juli 1945.

Peringatan Hari Pajak pertama pada tahun ini, kata Tata, berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal (Kepdirjen) Pajak Nomor KEP-313/PJ/2017 tanggal 22 Desember 2017.

“Pajak adalah satu unit yang mulia untuk satu pemerintahan khususnya Republik Indonesia, bahwa hampir 70 persen sumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dari pajak dari Rp 2.400 triliun atau 70 persen atau sekitar Rp 1.400 triliun dari pajak,“ jelas Tata.

Lebih lanjut Tata menjelaskan, secara garis besar, latar belakang penetapan Hari Pajak mengacu pada kata pajak yang muncul dalam rancangan Undang-Undang Dasar kedua yang disampaikan pada tanggal 14 Juli 1945.

“Pada Bab VII Hal keuangan, pasal 23 menyebutkan pada butir kedua segala pajak untuk keperluan negara berdasarkan Undang-Undang,” terangnya.

Dia menambahkan, dalam Kepdirjen tersebut dijelaskan mekanisme peringatan Hari Pajak antara lain berupa upacara bendera, kegiatan olah raga, kegiatan seni, kegiatan sosial, dan kegiatan lain yang dapat meningkatkan rasa kebanggaan terhadap tanah air Indonesia.

“Serta intitusi Dirjen Pajak menguatkan rasa kebersamaan antar pegawai, serta memberikan nilai manfaat bagi para pemangku kepentingan,“ ucapnya.

Tata mengatakan, untuk mendapatkan dampak dan efek yang lebih membahana, maka peringatan Hari Pajak dilakukan secara nasional dengan berbagai kegiatan.

Untuk KPP Pratama Karawang selain upacara,bhakti sosial dilakukan di Pantiasuhan Almatsuroh dan Panti Perumnas Karawang.”Kita selain menggelar untuk internal berupa kegiatan keagamaan bertilawah,keluar kita berbgai dengan yang membutuhkan,”kata Tata kepada KBE.

Sementara itu,saat digelar upacara Sabtu, 14 Juli 2018. Upacara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pajak ini dipimpin oleh Kepala KPP Pratama Karawang Utara selaku Keapala Kantor Tata Nugraha membacakan sambutan Mentri Keuangan RI. Dalam amanatnya, Sri Mulyani mengatakan, pajak memiliki fungsi penting untuk negara, karena perpajakan berkontribusi 83% untuk negara.

“Pajak memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga kesinambungan ide dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Penerimaan perpajakan berkontribusi 83 persen di pendapatan negara,” ujarnya mengutip pesan Sri Mulyani dihalaman Kantor KPP Pratama Karawang Utara Sabtu pagi. (dri)