Bantaran Kali Citarum Tamelang, Dijadikan Pembuangan Limbah B3

Bantaran Kali Citarum Tamelang, Dijadikan Pembuangan Limbah B3

84
0
BUANG LIMBAH B3: Bantaran kali Citarum jalan ke arah Curug di Desa Tamelang Kecamatan Purwasari, di bantaran kali Citarum atau lahan milik Perusahaan Jasa Tirta (PJT),  di jadikan tempat membuang sampah yang diduga dari sampah  industry. HASAN COBRA/ KARAWANG BEKASI EKSPRES
BERBAGI

PURWASARI –  Di Jalan bantaran kali Citarum jalan ke arah Curug di Desa Tamelang Kecamatan Purwasari, di bantaran kali Citarum atau lahan milik Perusahaan Jasa Tirta (PJT),  di jadikan tempat membuang sampah yang diduga dari sampah  industri.

Hasil pantuan KBE dilapangan , kondisi jalan yang kurang baik namun ramai dilalui masyarakat baik menggunakan roda empat dan roda dua, dulu  bantaran kali tersebut diduga sudah terjadi pencemaran lingkungan, pasalnya, di bahu jalan banyak tumpukan karung diduga abu sisa Batubara sebagian berserakan, dan ada juga berupa gundukan seperti lumpur berwarna hitam, dan bongkahan berwarna hitam berdebu, hal itu tentu sangat memperihatinkan kalau sampah tersebut adalah limbah B3.

Menurut H.Deden Darmansyah, salah seorang tokoh masyarakat Cikampek, menanggapi hal tersebut kepada KBE mengatakan, Kalau lihat UU Nomer 32 tahun 2009, pembuangan limbah B3 itu harus dengan mekanisme yang ada, malah itu di kontraktualkan artinya ada pihak ketiga yang khusus spesifikasinya menampung limbah B3, jadi tidak bisa di buang sembarangan karena bisa mencemari lingkungan yaitu tanah air dan udara, tentunya kalau itu terjadi maka sudah ada pelanggaran Pidana.”paparnya.

Masih kata Deden,” Jadi seharusnya Dinas Pengelola Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang harus tanggap, karena persoalan limbah B3 sudah jelas ada payung hukumnya,  karena itu merupakan kewenangnan pemerintah Kabupaten Karawang untuk segera  investigasi darimana limbah B3 itu datangnya, dan segera merelokasi tempat tersebut agar clear dari dampak limbah B3.” pungkasnya. (san)