Bekal Pendidikan Lapangan

Bekal Pendidikan Lapangan

45
0
SIAP KERJA: Para Siswa SMK PGRI 2 yang mengikuti pendidikan lapangan di perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang.
BERBAGI

Untuk Siswa yang Siap Kerja

KARAWANG – Sekolah harus menyiapkan dan mencetak siswa lulusan yang siap menjadi tenaga kerja. Upaya itulah yang tengah dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 2 Karawang dengan melaksanakan pengenalan dunia industri kepada setiap siswa di halaman sekolah.

Kepala SMK PGRI 2 Karawang, Endang Rohmat menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk kepedulian sekolah terhadap para siswa. Maka tak heran jika hampir setiap satu minggu sekali seluruh siswa diberikan pembekalan tentang persiapan di dunia kerja nanti.

” Hanya pengenalan dunia kerja saja untuk siswa, agar mereka tidak kaget lagi ketika terjun langsung di dunia industri nanti,” katanya.

Pelaksana kegiatan Bambang Triadi mengtakan sampai saat ini sudah ada 5 perusahaan yang sudah bekerjasama untuk mengisi kegiatan pengenalan dunia industri kepada siswa tersebut. Tercatat kata dia ada PT lima Tekno Indonesia (LTI), PT.Moriroku, PT SMT, PT.Nipro Indonesia Jaya, PT JVC Elektronik dan PT Yamaha Indonesia Motor MFG West Java.

” Dalam setiap minggunya kegiatan tersebut rutin dilakukan di sekolah dan di isi langsung oleh orang-orang dari pt,” tuturnya.

Adapun isi kegiatan yang diberikan yaitu tentang pengenalan dunia istri kepada siswa seperti Seminar, Tata cara dunia industri dalam bekerja, Tata Tertib perusahan masing-masing dan wawasan tentang kepemimpinan (Leadershif) kepatuhan manajemen.

” Masing-masing perusahaan memperkenalkan dunia kerja mereka dan tentunya berbeda dengan satu sama lain,” ungkapnya.

Menurutnya kegiatan tersebutmerupakan suatu teribasan bagus baik pemahaman siswa terhadap dunia kerja. Jangan sampai kata dia ketika siswa banyak diberkali pengetahun namun mereka minim akan wawasan tentang estetika dunia kerja.

” Bagus sekali menambah pengetahuan siswa-siswi juga karena materi yang diberikan juga langsung oleh orang pt nya jadi mereka bisa mempertanyakan langsung ketika ada pertanyaan,’ tuturnya.

Sampai saat ini antusias siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi untuk hari pertama saja itu hampir diikuti oleh ratusan siswa dan menggunakan 3 ruangan siswa sekaligus.

” Alhamdulilah minat siswa juga sangat tinggi semoga ini bisa menjadi peluang bagi siswa kedepannya terutama untuk menyiapkan peserta lulusan yang siap bekerja,” terangnya.

Bukan hanya itu saja bahkan kata dia hampir setiap tahunnya program beasiswa sekolah yang diberikan kepada siswa untuk ke Jepang sudah berjalan. Dengan kepergian Adji salah satu siswa yang sudah ke jepang menjadi salah satu bukti bahwa SMK PGRI 2 Karawang begitu memprioritaskan keinginan siswanya.

” Alhamdulilah tahun kemarin kita sudah berangkat satu orang dan insya Allah untuk tahun ini kita akan berikan 3 kouta untuk ke Jepang lagi,” harapnya.

Salah satu siswi Mega mengaku bahwa dengan adanya program tersebut bisa membantu siswa dalam mencari lapangan pekerjaan dengan mudah. Selain bisa menjadi peluang bagi siswa dalam pelaksanaan kegiatan itu juga memberikan pembelajaran yang positif. Maka tak heran jika semangat siswa dalam mengikuti kegiatan cukup tinggi.

” Sebelum kita kerja di lapangan kita diberikan pembekalan terlebih dahulu bagus”. (cr7)