Siswa Prakerin Tak Libur

Siswa Prakerin Tak Libur

16
0
PRAKTEK SMK: Dua siswa SMKN 2 Karawang, Fina dan Desi saat melaksanakan prakerin di Kantor Disdikpora.  CR7/KBE
BERBAGI

Siswa SMKN 2 Prektek Kerja di Kantor Disdikpora

KARAWANG– Berbagai pengalaman dan pelajaran banyak didapatkan dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau prakerin yang dialami oleh sejumlah siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Karawang di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang beberapa hari ini.

Seperti yang dialami Fina Hanifah, siswa yang baru duduk dibangku kelas  11 Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) ini mengaku lebih senang mengikuti praktek di tempat yang menjadi pusat pelayanan bagi masyarakat itu.

Karena bagi perempuan yang memiliki wajah cantik ini tidak mudah ketika dihadapkan dengan masyarakat kehidupan masyarakat secara langsung. Berbeda dengan saat mengimuti prakerin di sebuah perusahaan.

“Bedanya disini kita belajar untuk memahami dan bagimana caranya melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dan lebih seneng di perkantoran aja,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan Desi Indriyani, teman satu kelasnya ini juga menuturkan bahwa dengan mengikuti berbagai pelaksanaan di kantor pelayanan publik tersebut dirinya bisa mendapatkan sebuah pengelaman dan pembelajaran yang tidak bisa seluruh siswa dapatkan.

Karena ada kesan yang begitu sulit dilupakan ketika berhadapan langsung dengan masyarakat. ” Suasananya juga beda banget sama prakerin di perusahaan mah soalnya disini kita juga jadi tahu bagimana cara petugas pelayanan masyarakat bekerja,” ucapnya.

Menurutnya, banyak pelajaran yang didapatkan mulai dari pengetahuan tentang pekerjaaan dan keadministrasian. Maka bagi dia apa yang tengah digelutinya selama di sekolah itu sesuai dengan pekerjaanya selama prakerin di dinas pendidikan. ” Mengerti tentang keadministrasian dan banyak lagi deh,” tuturnya.

Bukan hanya itu, untuk seluruh aparat petugas di kantor dinas pendidikan yang setiap harinya berada di kantor pun baginya sangat menyenangkan karena semua orang-orang yang ada begitu baik terhadap siswa yang ingin belajar di kantor meja kerjanya. ” Orang-orang disini juga baik jadi betah,” ungkapnya.

Sekretaris Disdikpora  Karawang, Nandang Mulyana mengatakan bahwa dirinya membuka peluang bagi siswa mana saja yang ingin melakukan pembelajaran atau prakerin. Karena bagi dia selain bisa membantu pekerjaan aparat negera sipil sejumlah siswa yang tengah mengikuti praktek kerja lapangan baik buat pendidikan mereka.

” Insya Allah kedepan kita akan selalu buka bagi siapa saja yang ingin belajar, asalkan itu baik buat mereka kita akan selalu dukung,” pungkasnya. (oib)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY