Isi Liburan Sekolah dengan Berlatih Basket

Isi Liburan Sekolah dengan Berlatih Basket

101
0
LEBIH POSITIF: Para siswa dan siswi SMPN 6 Karawang Barat usai berlatih basket di Lapangan GOR Panatayuda. CR7/KBE
BERBAGI

KARAWANG– Mengisi waktu liburan sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat itulah yang dilakukan oleh sejumlah siswa dan siswi. Para siswa yang tergabung dalam anggota Basket Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Karawang Barat itu berlatih serius di lapangan GOR Panatayuda Selasa (26/06) sore kemarin. Nampak seluruh siswa begitu semangat dalam mengikuti latihan di hari libur tersebut.

Intan Putri Anggraeni, misalnya,  perempuan yang baru duduk di bangku kelas 8 ini lebih memilih untuk berlatih basket bersama teman temannya di sekolah dibandingkan beribur ke luar kota.

Karena bagi dia dengan berlatih bisa mengembangkan keterampilan yang dimilikinya. Maka tak heran jika perempuan yang akrab disapa Intan ini menjadi salah satu anggota basketandalan di sekolahnya itu.

” Liburannya pake latihan basket aja, mau liburan kemana atuh mending latihan buat persiapan lomba nanti,” katanya.

Dengan berlatih, kata Intan, selain bisa melatih minat bakat yang dimiliki siswa juga bisa menjadi ajang silaturahmi untuk anggota lainnya. Biasanya latihan yang dilakukan setiap dua minggu sekali itu hanya diisi dengan latihan fisik dan bermain bola dasar saja. Berbeda dengan menjelang perlombaan hampir setiap harinya seluruh anggota wajib mengikuti latihan lainnya seperti uji coba bertanding dengan sekolah lain.

” Kalau mendekati hari perlombaan latihan dianjurkan untuk sesering mungkin,” tuturnya.

Jika setiap siswa terbiasa dengan berlatih di sekolah dan melakukan uji coba bertanding dengan sekolah lainnya bagi dia akan menambah jam terbang mereka dan melatih mental mereka saat bertanding. Sebab, dalam sebuah perlombaan bukan hanya persiapan fisik kesehatan tubuh saja yang dibutuhkan melainkan kesiapan mental dalam bertanding juga perlu. Maka dari itu dirinya selain mengajak anggota basket lainnya untuk tidak pernah bosan dalam mengikuti pelatihan di sekolah.

” Kalau setiap hari berlatih dengan serius saya yakin di perlombaan ke depan nanti akan lebih mudah dalam mendapatkan juara,” ucapnya.

Hal serupa juga disampaikan teman satu anggotanya Dede Kurniawati menilai bahwa jika mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bisa melatih keterampilannya lebih baik kenapa tidak. Maka tak heran jika hampir setiap latihan perempuan yang paling cerewet diantara teman temannya itu selalu mendapatkan dukungan dari kedua orangtuanya. ” Orangtua juga mengijinkan ko malah ngedukung banget, daripada di rumah ngga ada kegiatan sama sekali mending digunakan buat latihan,” akunya.

Sementara Pembina sekaligus guru basket di sekolah itu, Eko Setyo mengaku senang dan bangga dengan melihat semangat mereka dalam berlatih. Jangankan untuk menjadi juara melihat mereka bisa kompak dan mau berlatih aja guru pembina yang sudah melatih siswa selama dua tahun itu sangat bahagia. ” Alhamdulilah udah melihat mereka semangat berlatih aja udah seneng banget bahagia,” ungkapnya.

Dirinya berharap bahwa dengan apa yang dilakukan oleh siswa didiknya tersebut bisa membawa dampak positif bagi siswa lainnya dalam terus berlatih. Karena semua tidak akan pernah tercapai jika tanpa didasari dengan keinginan dan kemauan yang kuat dalam diri mereka sendiri.

” Tidak ada yang tidak mungkin asalkan ada kemauan pasti ada jalan ko, semoga bisa membawa basket sekolah lebih baik lagi,” harapnya. (oib)