Media Massa tak Boleh Memihak

Media Massa tak Boleh Memihak

16
0
MEDIA GATHERING: Sejumlah jurnalis berkumpul dalam acara media gathering dan menyatakan pentingnya independensi media massa saat Pilkada Serentak.
BERBAGI

KARAWANG – Menjelang pemilihan Gubernur jawa Barat yang tinggal menghitung hari, media massa mempunyai peran yang cukup penting dalam situasi politik yang dapat mempengaruhi pemilih dan masyarakat. Menyikapi hal tersebut KPUD Karawang menggandeng media berdiskusi mengenai peran media dalam menjaga netralitas menjelang Pilkada Serentak di Jawa Barat Tahun 2018, bertempat di Cafe Roempi Ruko bizzpark karawang, Senin (25/6).

Hadir pada acara tersebut sebagai narasumber Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) KARAWANG, Ega Nugraha, Perwakilan dari media Harian, media Cetak, media online dan Media Elektronik.

Ketua IWO Karawang, Ega  Nugraha mengatakan, dengan dilaksanakannya media gathering ini pihaknya berharap adanya kerjasama yang terbangun kerjasama KPU, Bawaslu, dan rekan-rekan media untuk dapat memberikan informasi terkait pelaksanaan Pilgub Jawa Barat tahun 2018.

“Sejauh ini kami sudah bekerjasama dengan baik bermitra dengan baik dengan rekan-rekan media. Mungkin untuk selanjutnya tantangan kedepan dengan adanya gelaran  Pilgub di tahun 2018, karena Kami para awak media yang berbeda sehingga akan memiliki konsentrasi masing-masing,” kata Ega kepada KBE, Senin (25/6).

Lebih lanjut Ega mengatakan ke depan nanti hadirnya rekan-rekan media dapat membantu suksesnya penyelenggaraan Pilkada dan Pilgub Jawa barat di tahun 2018 dengan turut andil dalam memberikan pengawasan, edukasi, dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami berharap kepada rekan-rekan media dapat membantu dalam memberikan pengawasan, edukasi, dan sosialisasi terkait penyelenggaraan pilkada serta pilgub yang akan dilaksanakan di tahun 2018” katanya.

Sementara itu, perwakilan media cetak, Ahmad Fauzi menekankan, bahwa media massa harus tetap berlaku netral dan independent dalam menghadapi hajat politik Pilkada dan Pilgub 2018 Jawa Barat. Jika media tidak menjunjung netralitas dan independensi selama Pilkada nanti, hal itu akan merugikan masyarakat.

“Media kan milik masyarakat, kami tentu berkepentingan untuk mengawasinya juga. Jangan sampai melanggar etika dan berpihak pada suatu kepentingan politik,” ujarnya.

Dikatakannya, media harus berperan dalam menjaga stabilitas politik di kabupaten Karawang Media jangan sampai terjebak pada kepentingan politik. Media harus tetap independen, akurat dan menjaga integritasnya.

“Pers dan partai politik memiliki standar kerja yang berbeda. Bagaimana pers itu harus bersikap independen dan menjaga integritasnya dan bisa jadi pengontrol sosial saat pelaksanaan Pilgub Jawa Barat 2018.katanya.

Dalam kesempatan itu, perwakilan media online, Yusri menilai, masyarakat saat ini menuntut media untuk memberikan informasi yang sebenar-benarnya dan mengedukasi masyarakat.

“Ini harus diimplementasikan terus tak hanya pada Pilkada 2018, akan ada Pileg, pilpres 2019 nanti dan seterusnya,”ucapnya. (gie)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY