Waspada!!! Angka Kriminalitas Meningkat

Waspada!!! Angka Kriminalitas Meningkat

113
0
BERBAGI

KARAWANG – Tingkat kriminalitas di Kabupaten Karawang selama bulan Ramadan 2018 meningkat tajam. Pencurian di rumah kosong dan pencurian kendaraan bermotor masih mendominasi kejahatan di Karawang saat Ramadan.

Sejak hari pertama Ramadan pada 17 Mei 2018, Polres Karawang menerima 47 LP kasus pencurian. Rinciannya 30 laporan kasus pencurian motor, 17 lainnya pencurian rumah. “Kalau dibandingkan hari biasa, grafiknya cenderung naik,” kata Kasatreskrim Polres Karawang, AKP Maradona Armin Mappaseng.

Menurut Maradona, tren kenaikan angka kriminalitas menjelang lebaran kerap terjadi. “Kasus pencurian jelang lebaran  setiap tahun meningkat. Kami tidak akan tinggal diam. Akan terus berantas ranmor hingga lebaran,” ujarnya.

Dalam dua pekan terakhir, polisi menangkap 5 tersangka kasus pencurian. Sasaran mereka adalah rumah-rumah kosong yang ditinggal buruh urban. “Modus mereka masuk ke rumah. Caranya menjebol pintu atau jendela untuk mengambil barang berharga termasuk motor,” jelasnya.

Menjelang musim mudik, Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengimbau masyarakat untuk melaporkan tiap rumah yang akan ditinggal mudik ke pihak RT atau polsek terdekat. Dengan cara seperti itu, kata dia, polisi juga pihak keamanan kampung bisa mendata dan melakukan patroli untuk mencegah pencurian terjadi.

Slamet menegaskan polisi akan tetap siaga menjalankan operasi pengamanan Ramadan 2018 ini. Operasi ini dimulai dari pertengahan Mei hingga akhir Juni 2018. Selain pengamanan di daerah-daerah, operasi ini juga berfokus pada pengaturan lalu lintas jalanan sejak arus mudik hingga arus balik. (rie)