DMS Tanamkan Nilai Pancasila kepada 87 IRMAS di Ramadhan Camp

DMS Tanamkan Nilai Pancasila kepada 87 IRMAS di Ramadhan Camp

PENCERAHAN. Daniel Muttaqien Syafiuddin (DMS) saat sambutan dan membuka Ramadhan Camp 2018 Ikatan Remaja Masjid Competition With Sahabat Daniel di Pantai Tirtamaya, jumat malam (1/6). //FOTO : IST //

297
0
BERBAGI

Remaja Masjid dan Sahabat Daniel Berkemah di Pantai Tirtamaya

INDRAMAYU – Pancasila jangan sekedar dihafal dan hanya sebagai slogan saja. Pancasila harus jadi wawasan kebangsaan untuk semua kalangan masyarakat, termasuk remaja yang aktif di Masjid.

” 1 Juni adalah peringatan kelahiran Pancasila. Untuk itu dijadikan momentum ini untuk memaknai Pancasila dengan baik. Jadikan Pancasila sebagai pedoman dalam melakukan berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, ” ujar Daniel Muttaqien Syafiuddin (DMS) dalam sambutan pembukaan Ramadhan Camp 2018 Ikatan Remaja Masjid Competition With Sahabat Daniel di Pantai Tirtamaya, jumat malam (1/6).

Menurut tokoh pemuda yang juga anggota DPR RI dari fraksi Golkar ini, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat melawan berbagai paham-paham radikalisme yang tak sesuai dengan akar kebudayaan Indonesia.

“Aksi Teroris di Surabaya belum lama ini, sangat tidak cocok dengan kebudayaan kita. Kita perkuat nilai-nilai pancasila menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat” pungkasnya.

Putra bupati Indramayu Hj Anna Sophana ini, menjelaskan bahwa Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin. Artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan, apalagi sesama manusia. Karena itu, paham radikalisme terorisme tidak diajarkan dalam agama Islam, “Jika merusak alam saja sangat dilarang oleh Allah, apalagi sampai menumpahkan darah sesama manusia,” tambah Daniel sambil mengajak berdialog para peserta dari IRMAS.

Menurut Daniel untuk mewujudkan rahmatan lil’alamin dapat dicapai dengan memaknai Jihad yang sebenarnya. Remaja masjid di Indramayu harus ditanamkan bahwa Jihad yang lebih utama yaitu jihad rohani dan jihad sosial. “Jadilan Remaja Masjid yang memiliki nilai keimanan yang kuat, kreatifitas positif dan kepekaan sosial. Sehingga ikut andil dalam membangun kemaslahatan di tengah masyarakat,” harap Daniel yang ikut membaur dengan peserta hingga sahur bersama.

Hadir dalam acara pembukaan Ramadhan Camp IRMAS dan Sahabat Daniel 2018 itu, Camat Juntinyuat Drs Muhammad Nurul Huda MSi bersama Musika, Kuwu Desa Tinumpuk Eka Munandar dan Kuwu Desa Segeran Kidul. Selain itu hadir pula Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Indramayu, Suhendar Abas SH MH.

Kegiatan Ramadhan Camp 2018 ini diikuti 87 Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) dari perwakilan desa-desa hasil seleksi Se-Kabupaten Indramayu bersama Sahabat Daniel. Kegiatan berkemah di pinggir pantai Tirtamaya ini, dilaksanakan selama dua hari, yakni jumat dan sabtu (1-2/6). IRMAS dari perwakilan Desa Luwihgede Kecamatan Widasari, akhirnya berhasil menjadi juara pertama dalam kompetisi di Ramadhan Camp yg perdana tersebut.

“Acara ini digelar dalam bentuk perkemahan yang lebih banyak mengedepankan nuansa islami serta dengan pagelaran beragam perlombaan,” ujar Hilal Hilmawan selaku Ketua Sahabat Daniel.

Hilal yang juga tokoh pemuda di Indramayu ini, menuturkan, para peserta Ramadhan Camp terlihat bersemangat dan bergembira selama mengikuti aneka kegiatan. Apalagi mereka bisa bertemu, mendapatkan wawasan serta makan bersama dengan figur yang akrab disapa Bung Daniel. Karena selama ini, Daniel dianggap tokoh muda yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Penyelenggaraan Ramadhan Camp ini, diisi aneka kegiatan. Seperti ibadah yang rutin selama ramadhan dan aneka perlombaan.

“Selama kegiatan, semua peserta sangat antusias mengikuti. Hingga kita berhasil mengumumkan pemenang dengan hadiah. Selain mengisi Ramadhan, kegiatan ini juga dijadikan sarana menanamkan nilai-nilai iman serta takwa, sehingga berkhir pada akhlak yang terpuji. Insya Allah, Ramadhan Camp ini akan menjadi agenda tahunan setiap Ramadhan untuk IRMAS bersama Sahabat Daniel,” jelasnya. (mak)