UBP Kanalisasi Tiga Program Inti KKN

UBP Kanalisasi Tiga Program Inti KKN

157
0
Kampus Universitas Buana Perjuangan.
BERBAGI

KARAWANG – Kali pertama sejak berdiri tiga tahun silam, Univesritas Buana Perjuangan (UBP) Karawang bakal menerjunkan para mahasiswanya untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli sampai dengan 31 Juli 2018 mendatang.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengambangan kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, Sungkono mengatakan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) UBP mempunyai tema sentral “Meningkatkan Partisipasi Masyarakat” yang dikanalisasi kepada tiga program turunan.

“Tiga program utamanya yaitu yang pertama Pendidikan dalam upaya meningkatkan indeks pembangunan manusia. Yang kedua, Ekonomi masyarakat dan yang ketiga Infrastruktur Jalan, agar jangan sampai akses jalan ke kampung-kampung tidak terpantau dan tidak ditindak dengan baik,” katanya.

Lanjut Sungkono menambahkan, Universitas Buana Perjuangan, untuk pertama kalinya akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di  30 desa yang tersebar di empat kecamatan yang berbeda, diikuti oleh mahasiswa dari sepuh program studi dari tiga fakultas beda-beda.

“Alhamdulillah sampai saat ini persiapan kami untuk melakukan kegiatan KKN sudah sampai 75%, tinggal melakukan perizinan dengan Kesbanglinmaspol, karena salah satu syaratnya harus melampirkan data mahasiswa yang akan melaksanakan KKN, sedangkan mahasiswa yang akan mendaftar masih perlu ditampung. Makanya kami tangguhkan dulu sebelum meminta izin,” terangnya

Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang akan disebar ke empat kecamatan berbeda di antaranya Kecamatan Telukjambe Timur, Kecamatan Telukjambe Barat, Kecamatan Ciampel serta Kecamatan Pangkalan.

“Dengan melakukan survei kami memutuskan untuk KKN pertama ini, mahasiswa kami akan disebar di beberapa kecamatan dan terkhusus untuk di kecamatan lingkungan kampus atau yang kita sebut dengan Abdi Lingkar Kampus,” ujarnya.

Sungkono menjelaskan, Menurut data yang diketahuinya bahwa mahasiswa yang terdaftar akan mengikuti KKN sekitar 998 dan diharapkan akan bertambah 1000 lebih mahasiswa.

“Untuk saat ini, mahasiswa yang mendaftar baru ada 998 kemungkinan besar akan bertambah lagi hingga mencapai 1000 lebih,” katanya

Ia juga menjelaskan bahwa di bulan Juni 2018 akan diagendakan pembekalan bagi para mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan KKN yang akan dihadiri oleh empat SKPD dari Pemkab Karawang.

“Kemungkinan kami akan melaksanakan pembekalan untuk mahasiswa UBP yang akan melaksanakan KKN, dengan pemateri dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dengan materi kebijakan umum Kabupaten Karawang, Dinas pendidikan dengan materi tentang indeks pendidikan di Kabupaten Karawang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dengan materi Infrastrukur jalan di Karawang dan terakhir dari Dinas Koprasi & UMKM dengan materi tentang strategi peningkatkan ekonomi masyarakat pedesaan,” jelasnya

Ia berharap  Kuliah Kerja Nyata perdana yang dihelat UBP, memberikan positif baik eksternal maupun internal untuk kemajuan pembangunan di Karawang.

“Dengan diadakannya KKN diharapkan, dari segi internal untuk mahasiswa bisa lebih memahami apa sesungguhnya yang terjadi di masyarakat, karena teori dan praktek terkadan tidak sesuai dengan relaita hidup masyarakat, dan untuk ilmu yang diambil diperkuliahan, bisa diimplementasikan di masyarakat. Khususnya untuk para dosen atau dpl dengan adanya kkn bisa menghasilkan suatu out put, apa yang bisa diambil di masyarakat, yang ke depannya bisa ditindaklanjuti. Begitupun untuk eksternalnya diharapkan masyarakat atau publik memahami peran UBP tidake hanya menjadi besar didalam, tetapi diluar juga dan UBP bisa mengkontribusi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dan pemerintah daerah,” paparnya. (ren/mhs)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY