Gondongan (MUMPS) Apa yang Sebenarnya Terjadi Pada Anak dengan MUMPS? Apa Kompilkasi...

Gondongan (MUMPS) Apa yang Sebenarnya Terjadi Pada Anak dengan MUMPS? Apa Kompilkasi yang Mungkin Terjadi?

532
0
BERBAGI
dr. Nevin Chandra Junarsa SpA. Mkes

Apa yang sebenarnya terjadi pada anak yang mengalami Mumps?

Gondongan atau disebut dalam istilah kedokteran Mumps (parotitis epidemika) merupakan infeksi akut kelenjar liur.

Pada anak yang mengalami gondongan, kelenjar liur anak mengalami infeksi oleh virus mumps. Kelenjar liur akan mengalami peradangan sehingga bengkak dan nyeri bila ditekan. Anak biasanya mengalami kesulitan mengunyah karena nyeri yang ditimbulkan.

Pada tahap awal gondongan, anak mengalami demam, nyeri otot (terutama leher), nyeri kepala, mual dan tidak nafsu makan.

Bagaimana anak saya terkena Mumps?

Gondongan (Mumps) terjadi akibat virus mumps mengenai anak anda melalui saluran pernapasan (kontak langsung atau droplet) yang masuk melalui hidung atau mulut. Virus kemudian berkembang dan bertambah banyak dalam tubuh kemudian menyebar ke berbagai organ terutama kelenjar liur.

Apakah penanganan untuk Mumps?

Mumps merupakan penyakit self-limiting disease yaitu penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Penanganan utama anak dengan gondongan bersifat suportif, yaitu mengurangi gejala demam dan nyeri serta mengatur asupan makanan yang sesuai dengan kondisi anak yang mengalami kesulitan mengunyah. Pemberian vitamin bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar proses self limiting ini berjalan lebih cepat.

Kapan bengkak dan nyeri pada kelenjar liur hilang?

Bengkak dan nyeri akan berangsur hilang dalam 1-2 minggu.

 Apa yang harus dilakukan orangtua?

Untuk mengatasi demam dan mengurangi nyeri pada kelenjar ludah yang mengalami bengkak, orangtua dapat memberikan obat parasetamol atau ibuprofen yang dapat berperan menurunkan demam (antipiretik) dan mengurangi nyeri (analgetik).

Dapat digunakan kompres hangat atau dingin pada daerah yang bengkak.

Dikarenakan kelenjar ludah mengalami infeksi, anak biasanya mengalami nyeri saat mengunyah. Orangtua sebaiknya memberikan menu makanan sesuai kesanggupan mengunyah anak. Bila nyeri yang ditimbulkan cukup berat, anak dapat diberikan makanan lunak seperti bubur.

Hindari makanan yang asam, yang dapat memicu aktivitas kelenjar liur yang mengakibatkan bengkak dan nyeri bertambah. Perbanyak minum air putih.

Apakah Mumps menular? Bagaimana penularannya?

Ya, mumps menular melalui air liur dari mulut atau lendir dari mulut, hidung, atau tenggorokan. Penularan dapat menyebar melalui batuk, bersin, atau mengobrol dekat. Penularan juga dapat terjadi melalui gelas atau peralatan makan lainnya. Penularan juga dapat terjadi melalui barang-barang yg disentuh pasien.

Apa komplikasi yang dapat terjadi?

Pada anak laki-laki dapat terjadi komplikasi orkitis, yaitu peradangan pada satu atau kedua testis. Pada beberapa kasus, orkitis ini dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

Orkitis ini terutama mengenai anak laki-laki yang terkena mumps pada usia pubertas.

Selain orkitis, dapat juga terjadi beberapa komplikasi seperti meningoensefalitis (radang otak), ketulian, infeksi jantung (miokarditis), dll.

Bagaimana pencegahan Mumps?

Mumps dapat dicegah dengan pemberian imunisasi mumps, biasanya disatukan dengan vaksin measles dan rubela dalam bentuk vaksin MMR atau Trimovax. Tingkatkan daya tahan tubuh agar virus tidak mudah masuk dan berkembang di dalam tubuh. Hal ini dilakukan dengan memberikan asupan makanan bergizi dan vitamin.

Semoga bermanfaat! Salam sehat!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY