Kantor PDAM Pedes Disegel

Kantor PDAM Pedes Disegel

101
0
KECEWA: Ahli waris  lahan yang belum dibayar oleh PDAM menyegel Kantor PDAM Tirta Tarum Cabang Pedes, Senin (14/5). YOGIE SETIADI/KARAWANG BEKASI EKSPRES
BERBAGI

Sengketa Lahan Mengeruh, Pemilihan Direksi Malah Mandek

KARAWANG – Sengketa lahan kantor PDAM Cabang Pedes dengan ahli waris memanas. Puncaknya, warga mendaping ahli waris menyegel kantor yang menjadi pusat pelayanan pasokan air bersih di Kecamatan Pedes ini. Di sisi lain mandeknya pergantian direksi PDAM Tirta Tarum membuat masalah semakin keruh.

Aksi penyegelan kantor milik perusahaan air plat merah ini akibat belum dibayarnya pembelian lahan oleh PDAM kepada pemilik lahan yang saat ini dikuasakan kepada ahli waris. Informasi yang berhasil dihimpun KBE, kisruh lahan berawal dari sekitar Tahun 1987, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang mengalami krisis air bersih, sehingga pemerintah pusat memberikan bantuan fasilitas untuk menanggulangi krisis air bersih. Dengan syarat, Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang menyediakan lahan atau tanah untuk di bangunnya Unit PDAM Tirtatarum Pedes.

Namun, pada Tahun 2017 muncul seseorang yang mengaku sebagai ahli waris dari tanah tersebut dan menyatakan tanah yang di tempati oleh PDAM Unit Pedes belum dibayar oleh Pemkab Karawang, maupun PDAM Tirtatarum Karawang. Sehingga hari ini pihak ahli waris melakukan penyegelan serta pengusiran terhadap karyawan PDAM Tirta Tarum Cabang Pedes.

Salah seorang ahli waris yang ikut dalam aksi tersebut yang enggan disebut namanya mengatakan, penyegelan terhadap kantor PDAM Kecamatan Pedes dilakukan karena pihak PDAM Tirta Tarum Karawang hingga kini belum melunasi pembayaran dari tanah yang ditempati PDAM Kecamatan Pedes.

“Ahli waris pemilik tanah ini belum mendapatkan sisa pembayaran tanah yang ditempati kantor PDAM Kecamatan Pedes, “ ujar salah satu warga yang ikut melakuka penyegelan Udin (45) kepada KBE sambil mendampingi ahli waris.

Sementara itu, Dirut PDAM Karawang belum bisa memberikan keterangan apa-apa, Saat KBE menindaklanjuti hendak menanyakan ditutupnya kantor PDAM Kecamatan Pedes, ke Dirut PDAM Tirta Tarum, salah seorang security yang berjaga menyatakan bahwa Dirut PDAM Tirta Tarum sedang tidak berada di ruang kerjanya.

“Pak Dirutnya sudah jarang ngantor kang, sekarang juga tidak ada di ruang kerjanya. Coba saja hubungi Pak Kiki, tapi saya rasa Pak Kiki juga tidak ada di tempat, “ujar salah seorang petugas kemanan yang bertugas di Kantor PDAM Tirta Tarum. (gie/mhs)