Pasar Wanayasa Bakal Adopsi Pasar BSD

Pasar Wanayasa Bakal Adopsi Pasar BSD

134
0
BERSIH: Kondisi Pasar Tradisional Modern Bumi Serpong Damai ( BSD ) Kabupaten Tangerang Selatan.
BERBAGI

Total Anggaran 5,7 Miliar

PURWAKARTA – Kepala Dinas Perindustrian Perdaganan Koperasi dan UKM Kabupaten Purwakarta Entis Sutisna mengatakan, untuk Tahun 2018 ini pihaknya kembali akan membangun pasar tradisional modern.

Pembangunan pasar tradisional modern tersebut  mengadopsi desain banguan dan tara ruang seperti Pasar Tradisional Modern Bumi Serpong Damai ( BSD ) Kabupaten Tangerang Selatan.

Sedangkan untuk rencana pembangunan pasar tradisional modern di Purwakarta, Pemkab kembali mengambil lokasi pasar tradisional di Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa yang luas keseluruhan mencapai 6.500 M2 milik Pemkab Purwakarta.

“Tahap awal lahan sudah terpakai untuk pembangunan pasar tahap awal sekitar 3,5 M2, sisanya akan dibangun pasar pada tahap kedua tahun ini,” ujar Entis, Rahu (2/5).

Ditahap awal, ia menjelaskan  sudah dibangun sebanyak 350 unit terbagi kios dan pasar los. Dimana bangunan pasar dibangun diatas lahan  milik Pemkab Purwakarta.

Nantinya kata Entis, pembangunan pasar tradisional dengan fasilitas modern ini dibangun sebanyak 230 unit dengan rincian sebanyam 160 unit sistem los dan sisanya kios.

“Kalau soal perencanaan semuanya sudah pakem, standarisasinya oleh Kementrian Indagsar, dengan total biaya mencapai 5,7 milyar,” erang dia.

Sementara dengan dibangunya pasa tradisional modern di wilayah Wanayasa ia berharap mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian di wilayah.

Setidaknya dengan lengkapnya kebutuhan bahan pokok yang disediakan di pasar tradisional dengan fasilitas lebih modern masyarakat tidak perlu jauh sampai ke Purwakarta.

“Saya kira daya beli masyarakat di wilayah itu juga cenderung mengalami peningakatan,” pungkasnya. (ctr/taj)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY