Bayi Kembar Siam Siap Jalani Operasi

Bayi Kembar Siam Siap Jalani Operasi

36
0
SIAP DIOPERSI: Tim dokter RS Hasan Sadikin Bandung menyatakan kondisi bayi kembar siam dempet di bawah perut asal Subang layak dioperasi.
BERBAGI

Hasil CT Scan dan MRI Tidak Ada Kendala

BANDUNG – Tim dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung menyatakan kondisi bayi kembar siam dempet di bawah perut asal Subang, telah memenuhi syarat untuk dilakukan tindakan operasi pemisahan.

Kondisi tersebut berdasarkan pemeriksaan dua pekan terakhir, seperti tanda vital jantung, paru-paru, tumbuh kembang stabil, dan berat badannya yang sudah ideal.

Menurut ketua tim dokter penanganan bayi kembar siam Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Dadang Sjarief Hidajat, sekarang ini berat badan bayi kembar siam mencapai 4,175 gram, dari yang awalnya 4,2 gram.

Sementara dari hasil pencitraan Computerized Tomography Scan (CT Scan) dan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk organ dalam, kata Sjarief, menunjukkan tidak ada kendala.

“Masing-masing punya organ vitalnya, seperti jantung, paru-paru, ginjal, hati. Hanya yang tidak punya itu genital (kelamin) sama kaki. Kaki hanya ada tiga untuk kedua bayi,” kata Dadang Sjarief Hidajat, Bandung, Rabu, 25 April 2018.

Dadang Sjarief Hidajat mengatakan sebelumnya pernah dilakukan pencitraan alat ultrasonography (USG) yang telah dilakukan untuk mengetahui kondisi organ dalam bayi kembar siam dempet di bawah perut asal Subang, Jawa Barat.

Namun, Sjarief mengaku hasilnya tidak memuaskan, sehingga harus dilakukan lebih lanjut dengan CT Scan dan MRI.(hrn/taj)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY