Menjati Langkah Kejati

Menjati Langkah Kejati

60
0
BERBAGI

Marwah Penegak Hukum Dipertaruhkan

Usut Tuntas Skandal Kambud

KARAWANG – Dugaan skandal megakorupsi pengadaan lahan Kampung Budaya (Kambud), dinyatakan memenuhi syarat untuk dilimpahkan ke pidana khusus. Ini, untuk seterusnya dilakukan didalami dan ditingkatkan statusnya ke penyidikan. Sejumlah elemen masyarakat mengapresiasi langkah penegak hukum setelah ekspos di Kejaksaan Agung (Kejagung) belum lama ini.

Kepada Karawang Bekasi Ekspres, Sekeretaris LSM Kompak Reformasi, Pancajihadi Al-Panji, mengapresiasi langkah penegak hukum. Meskipun dikatakannya, kasus ini terkesan menjadi dugaan skandal hukum yang sangat besar, hingga harus melibatkan Kejagung.

“Pertama tentunya kami berikan apresiasi. Meski padahal dengan tanpa dibesar-besarkan pun sudah selayaknya diusut hingga tuntas di Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang,” katanya, kemarin (25/4).

Panji berharap, penegak hukum jika memang telah memiliki bukti awal yang kuat bisa menaikkan status ke penyidikan, bisa juga segera menetapkan siapa saja yang telibat dalam skandal ini.

Dikatakan Panji, hal ini menjadi begitu penting, kerena tanpa adanya kejelasan siapa saja yang terlibat akhirnya sejumlah pihak saling menuduh, bahkan juga merasa dituduh.

“Dengan adanya kejelasan, semoga tidak ada lagi sangka-menyangka dan merasa disangka di kuar putusan hukum,” terangnya.

Lebih lanjut, dugaan skandal megakorupsi ini dikatakan Panji sudah menjadi sorotan seluruh masyarakat, yang harus menjadi pertimbangan matang dan tak adanya keragu-raguan oleh penegak hukum untuk segera mengusutnya hingga terbukti siapa aktor di baliknya.

Sebelumnya, penanganan dugaan skandal megakorupsi Kambud ini dipastikan bakal ditingkatkan status penanganan hukumnya. Kepastian ini didapat setelah hasil ekspos penegak hukum di Kejagung belum lama ini.

Ekspos yang melibatkan jajaran Kejati dan Kejari itu menyepakati putusan jika bukti awal yang dimiliki penegak hukum telah memenuhi syarat penanganan hukumnya dilanjutkan dan dilimpahkan ke pidana khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

“Semua yang menghadiri ekspos, dari Kejati dan Kejari menyatakan bahwa siap kami naikan ke pidana khusus,” kata Kepala Kejari (Kajari) Karawang, Sukardi.

Bahkan, dikatakan Sukardi, saat ini berkas penangan pun telah secara resmi dilimpahkan ke Bagian Pidana Khusus Kejati Jawa Barat, dan sudah mulai dilakukan pendalaman.

“Tetapi belum ada jawaban apakah langsung ditingkatkan ke penyidikan, atau penyelidikan di bidang pidana khusus. Tapi secara resmi sudah ditangani pidsus Kejati. Yang pasti hasil ekspos kemarin ini bisa dilanjutkan dan ditangani dan perlu didalami lagi,” tandasnya. (fan)