Sejak Februari, Dinsos Mutakhirkan Data BPNT

Sejak Februari, Dinsos Mutakhirkan Data BPNT

150
0
BERBAGI

Bansos Disalurkan Lewat Non Tunai

SUBANG – Sebelum di launching Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Pada 25 April kemarin, Dinas Sosial Kabupaten Subang sebenarnya sudah memfasilitasi pemuktahiran data KPM Program Beras Sejahtera (Rastra) yang dipakai untuk program BPNT.

Bekerjasama dengan berbagai pihak, Dinas Sosial dalam pemuktahiran data melakukan Rakornis (Rapat Koordinasi) dengan camat, kades dan operator desa se-Kabupaten Subang.


“Hasil dari rapat koordinasi itu kemudian ditindaklanjuti oleh jajaran pengurus desa untuk melakukan upgrade data KPM Rasta menjadi data upgrade untuk BPNT,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Subang, Rahmat Effendi.

Pemuktahiran data KPM tersebut ditempuh melalui musyawarah desa (Musdes) ditiap desa, “Sampai tanggal 25 April 2018 pas launching program sosial BPNT, ditiap desa di Subang telah melakukan upgrade data mencapai 80 Persen data KPM BPNT,” tambahnya.

Dijelaskan,  bahwa bansos pangan ini yang disalurkan dalam bentuk non tunai dari pemerintah kepada keluarga penerima manfaat (KPM) melalui mekanisme uang elektronik yang hanya digunakan untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan atau e-warung yang bekerjsama dengan bank penyalur yaitu BRI.

Menurut Effendi, Jumlah agen e-warung yang menyalurkan BPNT berjumlah 632. Agen e-warung dibentuk oleh BRI. (hrn/taj)