Server Eror, UNBK Tertunda 30 Menit

Server Eror, UNBK Tertunda 30 Menit

49
0
BERBAGI

Siswa dan Pengawas Ujian di MTsN 1 Karawang Panik

CILAMAYA WETAN – Panitia penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Karawang dibuat panik, saat server data dari pusat mengalami gangguan atau eror. Hal tersebut terjadi pada hari pertama pelaksanaan UNBK tepatnya di sesi satu ujian, sekitar pukul 07:30 WIB, dimana para peserta UNBK tidak bisa mengakses data atau mendapatkan token dari komputer server. Akibatnya, pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut tertunda selama 30 menit.

Dijelaskan Kepala Proktor UNBK MTs Negeri 1 Karawang Yudi Selamet Rihadi, gangguan teknis terjadi akibat server dari pusat sedang dalam masa perawatan atau maintenance. Diakui Yudi, sebelumnya ia juga sudah mendapatkan pemberitahuan dari pusat, dan hal tersebut terjadi hampir di seluruh sekolah di Jawa Barat.

“Iya memang benar sempat terjadi server eror, semua komputer offline selama 30 menit, tapi itu hanya terjadi di sesi satu selebihnya lancar sampai akhir,” ungkap Yudi, kepada KBE, Senin (24/4) di sekolah.

Masih kata dia, sebelum pelaksanaan UNBK yang dimulai hari ini, Senin 23 April hingga Kamis 26 April 2018, panitia UNBK MTs Negeri 1 Karawang sudah menyiapkan segala keperluan dan mengantisipasi semua kemungkinan eror saat pelaksanaan. Oleh karena itu, meskipun sempat dibuat panik, Yudi mengaku secara keseluruhan UNBK berjalan lancar.

“Persiapan untuk hari ini sudah dilakukan sejak satu minggu yang lalu, mudah-mudahan semua berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara, Kepala MTs Negeri 1 Karawang yang diwakili Wakasek Kurikulum Ansori memaparkan, sebanyak 395 peserta UNBK di sekolahnya yang terdiri dari 117 laki-laki dan 218 perempuan sudah dipersiapkan dengan baik secara mental, fisik, dan materi untuk menghadapi rangkaian ujian ditahun ini.

Sebelumnya, kata Ansori, anak didiknya sudah melewati rangkaian ujian praktik, ujian akhir semester, Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN), hingga saat ini pelaksanaan UNBK. Tak hanya itu, pelajar di MTs Negeri 1 Karawang juga diberi bekal tambahan melalui Bimbingan Belajar (Bimbel) yang diberikan oleh guru-guru mereka.

“Kami sudah siapkan semuanya dengan baik, mulai dari komputer, proktor, teknisi ahli, listrik, internet, hingga jenset kami sediakan,” jelasnya.

Masih kata Ansori, pelaksanaan UNBK di MTs Negeri 1 Karawang terbagi menjadi 3 sesi. Sesi satu dimulai sejak pukul 07:30 sampai 9:30, sesi dua mulai 10:30 sampai 12:30 dan sesi tiga mulai pukul 14:00 sampai 16:00.  Terdapat 150 komputer di MTs Negeri 1 Karawang yang terbagi menjadi 6 ruangan, dimana setiap ruang diisi dengan 25 unit komputer.

“Harapannya semoga semuanya lancar sampai akhir, tidak ada lagi gangguan internet, listrik, atau yang lainnya, anak-anak bisa mengerjakan dengan baik dan dapat nilai yang bagus,” harapnya. (wyd)