Desa Cisarua Kembangkan Ekonomi Kerakyatan

Desa Cisarua Kembangkan Ekonomi Kerakyatan

63
0
TINJAU LOKASI: Kades Cisarua, Deden saat menunjukkan lokasi yang akan di tanami pohon kayu keras kepadapihak Permata. YUSUP BACHTIAR KARAWANG BEKASI EKSPRES
BERBAGI

TEGALWARU– Desa Cisarua, Kecamatan Tegal Waru merupakan salah satu desa yang terletak di daerah terpencil di Purwakarta, namun memiliki cukup banyak lahan yang kosong. Untuk itu Pemerintah desa bekerjasama dengan salah satu lembaga dari Ibu kota Jakarta, siap menanam ribuan pohon keras untuk menunjang perekonomian warganya.

Hal tersebut disampaikan Sekjen Perkumpulan Masyarakat Transmigrasi (Permata) pada saat koordinasi dengan warga petani, Selasa (17/4) di kediaman Kades Cisarua, Deden.

“Melalui program ini Permata bekerjasama dengan berbagai pihak memanfaatkan lahan tidur yang tak terpakai untuk dimanfaatkan dan tanami pohon kayu keras dengan sistem kerja sama,” tuturnya kepada KBE.

Selain itu, Permata akan mengucurkan dana bergulir kepada para petani yang siap bekerjasama dengan organisasi ini dan akan tetap dibina hingga masuk masa panen kayu.

Kemudian ketika bibit tersebut sudah ditanam, maka proses untuk masa panen kayu memakan waktu yang cukup lama

“Sementara itu para petani juga membutuhkan kebutuhan hidup sehari-hari, maka akan disarankan lahan yang ditanami pohon tersebut dengan sistem agroforestri atau sebutan lainnya tumpang sari, jadi petani bisa mendapatkan mata pencaharian dari tumpang sari tersebut,”tambahnya.

Sementara itu Kades Cisarua Deden, menuturkan bahwa dirinya akan merapatkan hasil pertemuan itu dengan beberapa perangkat desa dan para kelompok tani, sebelum program tersebut berjalan.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan perangkat desa, Bamusdes dan para petani, mudah mudahan saja harapannya setelah program tersebut berjalan, akan meningkatkan kualitas perekonomian warga disana,”terangnya.(cr 50/taj)