Kades Minta Naik Gaji

Kades Minta Naik Gaji

27
0
 AKSI MASSA : Puluhan kepala desa saat demo di depan Gedung DPRD Karawang beberapa waktu lalu. MAHESA BAHAGIASTRA/KARAWANG BEKASI EKSPRES
BERBAGI

DPMD Belum Beri Jawaban

KARAWANG – Puluhan ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) kecamatan yang tergabung dalam Asosia Perangkat Desa (Apdesi) Karawang, mendatangi kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Deda (DPMD) Karawang, Senin (16/4) menuntut kenaikan penghasilan tetap (siltap) kepala desa.

Tuntutan yang diajukan sebesar Rp 2 juta dari perolehan sebelumnya Rp 3 juta. Sehingga total pengajuan Rp 5 juta untuk siltap kepala desa.

Ketua Apdesi Karawang, Sukarya WK, usai pertemuan dengan DPMD mengatakan, pihaknya mengajukan tunjangan kepala desa dan perangkatnya supaya ada perubahan.

“Kami sudah ajukan mudah mudahan dalam minggu-minggu ini ada jawaban. Tanggapan dari DPMD ada. Cuma DPMD itu kan bukan orang bisa mengambil keputusan, harus dimusyawarahkan dulu dengan bupati”, ucapnya kepada KBE, Senin (16/4).

Menurut pria yang akrab disapa WK ini, tunjangan yang diajukan masalah siltap, ketua IKD kecamatan bersama APDESI mengajukan sampai di angka Rp 5 juta.

“DBH itu adalah hak mutlak kepala desa, yang tidak bisa diganggu gugat lagi. Ada aturan aturanya di situ.Ini tunjangan dari DBH, kepala dsa yang mengatur sebnarnya bisa cuma kita menghargai, sypaya dialokasikan buat RT,RW, Linmas, kaur, kadus, semua perangkat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DPMD, Ade Sudiana mengatakan, kepala desa unsur penyelenggara negara.

“Sebagai unsur pemerintahan desa, sebaiknya kalau ada masalah komunikasikan dengan kami,” ujarnya.

Terkait tuntutan tersebut, dirinya mengaku akan bicarakan dahulu. Jikalau anggarannya mencukupi  bisa dipenuhi.

“Dasarnya bagi hasil memang mutlak untuk pemerintah desa, tetapi kita sebagai pembina harus mengawasi, tidak dilepas begtu saja, kita awasi saja itu juga banyak yang berusuran dengan hukum, apalagi kalau dilepas, .Mudah mudahan kepala dsa tidak melakukan aksi, karena unsur penyelenggara negara,” pungkasnya. (gie)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY