PKL Matangkan Kualitas Siswa

PKL Matangkan Kualitas Siswa

129
0
MAGANG : Siswi SMKN 1 Jatisari senang melaksanakan PKL di PT Pegadaian (Persero) Cabang Cilamaya.  WAHYUDI/KARAWANG BEKASI EKSPRES
BERBAGI

 

JATISARI –  Sebanyak 160 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Jatisari dari 6 jurusan, di antaranya jurusan tata kelola perkantoran, akuntansi , multimedia, tata busana dan tata boga, mulai mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) awal bulan April ini.

Dijelaskan salah satu guru pembimbing, Khalillah, keseluruhan siswanya itu disebar PKL di beberapa perusahaan dan instansi yang ada di Kabupaten Karawang hingga Purwakarta.

“Dengan PKL yang berkualitas, diharapkan alumnus SMKN 1 Jatisari siap menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya di kemudian hari,” ungkap Khalillah kepada KBE, Rabu (11/4).

Dengan PKL, kata dia, siswa dapat membiasakan diri dengan lingkungan kerja sejak dini. Tak hanya itu, disana juga siswa bisa belajar disiplin, bertanggung jawab, memahami sistem kerja, tata cara berkomunikasi dengan konsumen, atasan, hingga rekan kerja.

“Tahun ini kita bekerja sama dengan banyak perusahaan dan instansi,  seperti PT Sharp, Bulog, Pegadaian, hotel Resinda, hotel Mercure, kantor Pemda, camat, hingga ke kantor media,” jelasnya.

Khalillah berharap, seluruh anak fisiknya bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat selama proses PKL yang rencananya berjalan 3 hingga 6 bulan tergantung tempat mereka bekerja.

“Terpenting adalah anak-anak mendapatkan ilmu yang bermnafaat,” tandasnya.

Sementara salah satu siswi SMKN 1 Jatisari yang melaksanakan PKL di PT Pegadaian (Persero) cabang Cilamaya, Yulianengsih mengatakan, selama dua pekan pelaksanaan PKL di perusahaan milik BUMN itu, Yulia, begitu biasa ia di sapa, mengaku mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang berharga.


“Di sini aku banyak belajar tentang tata cara melayani nasabah, administrasi, hingga sistem kerja di pegadaian,” ucapnya.

Hal senada diungkap Sri Wulan, siswi yang tergabung dalam kelas Xl Perkantoran 1 ini mengaku senang ditempatkan di PT Pegadaian Cabang Cilamaya.

“Senang sekali, soalnya orang-orangnya baik juga tidak sungkan untuk ngajarin kita di sini,” senangnya.

Direktur PT Pertamina Cabang Cilamaya, Kusnadi mengapresiasi kinerja apik dari siswi PKL asal SMKN 1 Jatisari itu. “Mereka siswi yang terlatih, terampil dan gesit. Sangat membantu pekerjaan kami di sini,” ujarnya. (wyd)