Optimalkan Kinerja Kecamatan

Optimalkan Kinerja Kecamatan

58
0
ANTRE: Warga Karawang tampak antusias melakukan perekaman e-KTP. ARIE FIRMANSYAH / KARAWANG BEKASI EKSPRES
BERBAGI

 

KARAWANG – Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang mengoptimalkan kinerja kecamatan untuk mengejar Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintah, Wiwik Kriniawati mengatakan, hampir seluruh kecamatan di Karawang saat ini tengah melakukan upaya perekaman KTP-e, dengan melakukan jemput bolah ditengah masyarakat langsung.

“Sesuai instruksi bupati. Maka dalam tugas perekaman e-KTP dilakukan pengoptimalan kinerja langsung ditingkat kecamatan.  Mereka melakukan perekaman e-KTP, bisa sampai malam. Karena pelayanan mereka lakukan dengan jemput bola by name by address,” kata Wiwik kepada Karawang Bekasi Ekspres, kemarin (10/4).

Lanjut Wiwik, dari data DPS, dikatakan sebanyak 10 ribu warga Karawang yang diperkirakan masih belum melakukan perekaman e-KTP. Sementara pelaksanaan Pilgub Jabar dalam waktu dekat ini.

“Jadi ada beberapa hal alasan yang belum melakukan perekaman. Pertama adalah mereka yang betul sibuk bekerja, terus malas untuk melakukan perekaman. Selain itu penduduk yang mutasi diantaranya adalah mereka yang pindah atau meninggal. Terakhir masih berusia di bawah 17 tahun,” terangnya.

Menurut Wiwik, sampai saat ini yang telah melakukan perekaman e-KTP dan masuk dalam DPS KPU yakni 159.283 jiwa. “Kekurangannya itu katanya sekitar 10 ribuan. Kami sudah minta data by name by address-nya. Kemungkinan angka 10 ribuan ini berkurang, karena sejumlah alasan mutasi itu,” jelasnya. (rie/rez)