Apdesi Ancam Boikot Pilgub

Apdesi Ancam Boikot Pilgub

806
0
Alek Sukardi, Sekretaris Apdesi Karawang
BERBAGI

 

KARAWANG – Dugaan keterlibatan 7 Kepala Desa (Kades) saat kampanye salah satu kontestan Pilgub Jabar 2018 yang berlanjut pelaporan Panwaslu Kabupaten Karawang ke Polres Karawang, mengundang tanggapan dari Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Karawang.

Sekretaris Apdesi Karawang, Alek Sukardi mengatakan, dirinya sangat berharap ada penyelesaian dengan cara yang baik untuk 7 Kades terlapor.

“Karena tidak bisa dihindari peran serta para Kades dalam setiap tahapan Pilkada,” ujar Alek yang ditemui Karawang Bekasi Ekspres usai rapat di DPMD Karawang, kemarin (22/3).

“Jadi kalaupun ada kesalahan dari beberapa Kades yang terindikasi ikut dalam kampanye atau mendukung salahsatu calon. Akan lebih baik diberi peringatan keras terlebih dulu, sebelum dipidanakan,” sambungnya.

Menurutnya, itu bisa terwujud asalkan para Kades tersebut tidak melakukan kesalahan yang sama berulang kali. Jika harus diberi sanksi secara sekaligus tanpa adanya peringatan, dirinya melihat akan ada dampak yang timbul dari kejadian itu.

“Kalau memang sampai ada yang dipenjarakan, kita akan melakukan aksi boikot tak akan terlibat sama sekali pada setiap kegiatan atau tahapan Pilgub yang masuk ke desa. Biar para penyelenggara dan pengawas melakukannya sendiri tanpa melibatkan atau bantuan perangkat desa dan Kades,” tegas Alek.

Ia berharap sikap saling menghormati dapat terwujud dalam penanganan kasus ini, dan meminta pertimbangan terhadap peran serta para Kades untuk kelancaran tahapan Pilgub Jabar.

“Kita akan segera menyurati pihak Kepolisian, Panwaslu, KPUD, dan Bupati, untuk meminta pertimbangan 7 Kades itu agar diberi sanksi keras administratif saja, dan tidak dipidanakan apabila terbukti mereka salah. Kalaupun harus terus berproses, kita akan memberi bantuan hukum untuk 7 Kades itu,” tukasnya. (gie/rez)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY