Cilamaya Diterjang Bencana Longsor

Cilamaya Diterjang Bencana Longsor

148
0
BENCANA: Warga dan aparatur pemerintahan sedang melihat luapan longsor di Sungai Cilamaya, kemarin (13/3). Longsor ini terjadi di Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan. WAHYUDI/ KARAWANG BEKASI EKSPRES
BERBAGI

CILAMAYA WETAN – Benca alam longsor terjadi di Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan, Selasa Dini Hari (13/3), pukul 01.00 WIB. Kendati tak menimbulkan korban jiwa, longsor ini berakibat terhadap meluapnya air Sungai Cilamaya di Dusun Eretan dan Dusun Barahan.

Dalam bencana ini, sedikitnya satu rumah warga dan fasilitas infrastruktur di desa tersebut mengalami kerusakan. Kerugian ditaksir mencapai Rp30 Juta.

Rumah milik pasangan suami istri, Eti dan Daklan itu, rusak di bagian belakangnya karena pondasi rumahnya ambrol setelah tergerus kencangnya aliran Sungai Cilamaya di malam itu.

Eti menjelaskan, sebelum longsor terjadi, dia sempat mendengar suara gemuruh air yang sangat deras. Tak lama kemudian, dinding di bagian belakang rumahnya amblas tersapu aliran Sungai Cilamaya.

“Saya sama anak-anak kebetulan belum tidur. Saat itu kami sedang menonton televisi, dan tiba-tiba datang air serta longsor. Beruntung kami semua selamat,” terang Eti kepada Karawang Bekasi Ekspres.

Kepala Desa (Kades) Cilamaya, Kuswedi menuturkan, Cilamaya kembali dalam status darurat bencana. Kata dia, akibat luapan Sungai Cilamaya yang menggerus tanggul, belasan Kepala Keluarga (KK) di dua dusun terancam terdampak longsor.

Oleh karena itu, Kuswedi berharap Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) bisa dengan segera membangun sodetan di area rawan longsor di wilayahnya. Kades juga beharap Pemerintah desa (Pemdes) Cilamaya tak tinggal diam saja dalam menyikapi ancaman bencana longsor dan banjir ini.

“Saya harap BBWS bisa dengan segera melakukan normalisasi di Sungai Cilamaya dan kemudian membuatkan sodetan, agar kerusakan yang ditimbulkan tidak semakin parah,” harapnya.

ketua Tenaga Kesejahtetaan Sosial Masyatakat (TKSK) Kecamatan Cilamaya Wetan, Iwan Badarudin sempat meninjau langsung ke lokasi. Pihaknya bersiaga di lokasi kejadian untuk membantu korban longsor. “Kita terus memantau kondisi warga. Apabila dibutuhkan, kita siap untuk membantu,” jelasnya. (wyd/rez)